Senin 23 November 2020, 21:25 WIB

Wapres : Bantuan Bagi Pelaku UMKM Sudah Terserap 79%

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Wapres : Bantuan Bagi Pelaku UMKM Sudah Terserap 79%

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja menyelesaikan pembuatan sepatu wanita di Industri Sepatu rumahan, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

 

WAKIL presiden Ma'ruf Amin menuturkan, pemerintah terus mendorong meningkatkan daya beli masyarakat, salah satunya dengan menganggarkan bantuan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Saat ini, anggaran yang dialokasikan untuk bantuan modal kerja bagi pelaku usaha mikro sudah terserap 79%. Sementara bantuan bagi para pekerja terdampak berupa subsidi gaji sudah tersalurkan 82%," ujar Ma'ruf dalam akun media sosialnya @Kiyai_MarufAmin, Senin (23/11).

Ma'ruf tidak menyebutkan secara rinci berapa nominal bantuan terhadap UMKM tersebut. Namun, dia memastikan, pemerintah akan terus mendorong dan memberikan stimulus bagi para pelaku usaha baik kecil, menengah, mikro maupun besar untuk dapat bertumbuh di tengah pandemi.

"Stimulus tersebut dengan cara konsumsi rumah tangga diharapkan semakin baik dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," kata Ma'ruf.

Dia menambahkan, sektor ekonomi Indonesia mengalami perbaikan. Hal itu, kata Ma'ruf, dibuktikan dengan tren di kuartal kedua dari minus 5,32 membaik di kuartal ketiga menjadi minus 3,49.

"Pemerintah tetap konsisten bahwa strategi penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi harus berjalan seimbang dan bersinergi. Keduanya merupakan masalah darurat yang harus ditangani dengan fokus," jelasnya.

Sebelumnya, Ma'ruf menuturkan, dari total alokasi dana program pemulihan ekonomi nasional (PEN) Tahun 2020 sebesar Rp695,2 triliun, sebanyak Rp128 triliun dialokasikan untuk UMKM.

"Sementara Rp170 triliun lainnya disediakan untuk insentif bagi dunia usaha dan sektor korporasi termasuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara)," tuturnya pada Selasa (20/8) lalu.

Dia menyebut, bantuan untuk UMKM pun berlanjut pada 2021 sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan industri kecil dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

BI Beli SBN Pemerintah Rp473,2 Triliun pada 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 22 Januari 2021, 06:30 WIB
Pendanaan dan pembagian beban dalam APBN itu bertujuan memulihkan ekonomi nasional yang terdampak badai pandemi...
Antara/Zabur Karuru

PUPR Targetkan Pengalihan BPWS Lebih Awal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 22 Januari 2021, 05:10 WIB
Keputusan itu mengacu Perpres 112/2020 terkait pembubaran lembaga nonstruktural. Nantinya, ada pengalihan aset milik BPWS senilai Rp1,2...
Antara/Septianda Perdana

BRI: Menumbuhkan Kredit Jadi Tantangan 2021

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 22 Januari 2021, 01:10 WIB
Pada 2020 lalu, pertumbuhan kredit di Bank BRI minus 2,42% akibat nasabah perorangan hingga korporasi terdampak pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya