Sabtu 21 November 2020, 18:55 WIB

Bisnis Jalan Tol Tahan Banting Dihantam Pandemi

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Bisnis Jalan Tol Tahan Banting Dihantam Pandemi

ANTARA/Syaiful Arif (STR)
Ruas jalan tol Jombang-Mojokerto di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

KEPALA Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menilai bisnis jalan tol lebih kuat dan tahan saat dihantam pandemi Covid-19. Hal itu bisa dilihat dari recovery (pemulihan) sektor tersebut yang tidak membutuhkan waktu lama.

Danang menyebut untuk menilai kondisi jaringan jalan tol di masa pandemi bisa dilihat dari dua hal. Pertama consumer confident bahwa sektor lalu lintas jalan tol merupakan sektor yang aman untuk digunakan karena tersedia poliklinik di rest area dan penerapan protokol kesehatan di lapangan.

Hal yang kedua ialah investor confident yang meyakini bahwa industri ini recovery lebih cepat dan itu diharapkan pada akhir Desember nanti lalu lintas jalan tol tetap mendapatkan keuntungan.

"Sehingga secara keseluruhan industri ini bisa dikatakan tahan terhadap pandemi. Diharapkan sektor ini bisa menjadi pembangkit perekonomian nasional yang cenderung melambat di kuartal I dan II," kata Danang dalam webinar dengan tema Bisnis Sistem Transportasi di Tengah Pandemi yang diadakan Delameta Bilano di Jakarta, Sabtu (21/11).

Baca juga : BPJT : Lalin Di Jalan Tol Sudah Menuju Normal

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah menegaskan bahwa konstruksi dan pembangunan jalan tol tetap dilanjutkan terus menerus tanpa ada gangguan. Menurut Danang konstruksi memang ada pelambatan namun pada kuartal III akan pemulihan dengan cepat.

Karena itu ia berharap sektor jalan tol dari sisi consumer confident dan investor confident tetap terjaga. BPJT sendiri, kata Danang, memiliki tema besar untuk mengelola jalan tol yakni transformasi, inovasi, dan moderenisasi (TIM).

"Hal itu cukup menunjukkan bahwa BPJT mendorong transformasi dan inovasi teknologi serta mendorong moderenisasi baik dalam aset dan manajemen," jelasnya. (X-12)

Baca Juga

Antara

Menhub Dorong Perusahaan Produksi Kendaraan Berbasis Motor Listrik

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:24 WIB
Kemenhub juga mendorong penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan...
DOK Pribadi.

2022 Diyakini sebagai Tahun Kebangkitan Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:16 WIB
Pasalnya, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Apalagi pembangunan infrastruktur tetap berjalan seperti kereta cepat, MRT,...
Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya