Rabu 11 November 2020, 07:05 WIB

Ini Rincian Gelontoran Dana Rp37 Triliun ke Desa

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Ini Rincian Gelontoran Dana Rp37 Triliun  ke Desa

Antara/Saiful Bahri
Penyerahan dana bantuan desa

 

KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat bantuan langsung tunai (BLT) dana desa per 8 November 2020 mencapai Rp37 triliun.

Staf Khusus Menteri Desa PDTT, Abdul Malik Haramain, mengatakan bantuan tersebut terbagi menjadi 3 program unggulan, yakni desa tanggapan covid -19, BLT dana desa, dan program padat karya tunai desa (PKTD).

Adapun rinciannya yakni untuk desa tanggapan covid sudah disalurkan senilai Rp8 triliun, BLT dana desa Rp18,4 triliun, dan PKTD sebanyak 10,3 triliun.

"Program padat karya tunai desa sedang kita sikapi bersama-sama dan sekali lagi ini menjadi program prioritas untuk merespon dampak covid. Dari data yang kai punya alokasi dana yang ada sekitar Rp10,3 triliun," kata Abdul saat webinar Intensif bertajuk Mengangkat Perekonomian Nasional Lewat BLT Dana Desa yang diadakan oleh Tirto.id, Selasa (10/11).

Padat karya sendiri 50% harus berbentuk upah karena tujuan utamanya untuk memberikan pekerjaan yang tidak memiliki keahlian tertentu. Sehingga besaran upah yang telah dikeluarkan sekitar Rp2,6 triliun dan besaran non upah Rp7 triliun dan membuka lapangan pekerjaan untuk 2 juta orang.

Untuk BLT dana desa telah mencover lebih dari 8 juta warga miskin di Indonesia. Atau membantu agar gelombang miskin baru akibat pandemi covid tidak besar dan dapat menghambat adanya warga miskin baru.

"Program ini tentunya untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat miskin dan miskin baru. BLT dana desa sendiri diberikana kepada kepala keluarga setiap bulannya sebesar Rp600 ribu," pungkasnya. (Iam)

Baca Juga

Dok. 99 Group

Landmark Residence Bandung Gandeng 99 Group Untuk Pemasaran Propertinya 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:29 WIB
99 Group menghadirkan dukungan profesional dengan tim berpengalaman lewat produk layanan unggulannya, yakni PASTI (Platform Advertising...
Dok. Astronacci International

Astronacci International Berikan Edukasi Gratis untuk Korban Investasi Bodong 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:27 WIB
Sebagai bentuk kepedulian, Astronacci International membentuk Astronacci Care: learn from mistakes yang bertujuan untuk merangkul para...
Dok.Singapore Airlines

Singapore Airlines Buka Kembali Layanan ke Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:38 WIB
Singapore Airlines (SIA) akan membuka kembali penerbangan komersial harian dari Singapura ke Bali mulai 16 Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya