Selasa 07 April 2020, 15:20 WIB

​​​​​​​Kementerian Siap Percepat Program Padat Karya Tunai

Andhika Prasetyo | Ekonomi
​​​​​​​Kementerian Siap Percepat Program Padat Karya Tunai

MI/AKHMAD SAFUAN
Kementerian Desa PDTT menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah memproduksi masker dan APD di masa pandemi covid-19.

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan beberapa kementerian telah siap melakukan percepatan pogram-program padat karya tunai yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Salah satu contoh adalah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang bekerja sama dengan balai-balai latihan kerja, melaksanakan program pembuatan disinfektan dan masker.

Selain itu, ada Kementerian Pertanian yang menyiapkan program panen raya untuk periode April, Mei, Juni. Masyarakat nantinya akan dilibatkan untuk melakukan panen dan pengolahan pascapanen.

"Ada juga program membuat embung, rehabiltiasi kebun, perpipaan, desa mandiri benih," tutur Airlangga di Jakarta, Selasa (7/4).

Baca juga: Menkeu: 11,9 juta Nasabah KUR Bisa Tunda Cicilan pokok dan Bunga

Kementerian PU-Pera juga menyiapkan program padat karya tunai berupa pembangunan irigasi, pengolahan sampah, pembangunan rumah swadaya dan masih banyak lagi.

Semua upaya tersebut dilakukan demi menjaga roda perekonomian di daerah tetap berputar sehingga daya beli masyarakat tidak terganggu.

"Arahan presiden, mana yang bisa diakselerasi, kita akselerasi. Tetapi tentu dengan mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak, gunakan masker," tandasnya. (A-2)

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya