Jumat 05 April 2019, 21:02 WIB

Jokowi Gagas ‘Bulog’ Rotan Untuk Industri di Cirebon

Akmal Fauzi | Ekonomi
Jokowi Gagas ‘Bulog’ Rotan Untuk Industri di Cirebon

Dok. TKN Jokowi-Amin
Capres nomor urut 01 Joko Widodo saat berkampanye di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4)

 

WILAYAH Cirebon, Jawa Barat yang sudah memiliki infrastruktur transportasi, akan mendapat perhatian lagi berupa dukungan sumber bahan baku demi menunjang industri rotan dan furnitur.

Untuk mengatasi problem suplai bahan baku rotan yang sering terhambat kontinuitasnya, Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi), saat berkampanye di Kota Udang itu menyatakan akan merancang Bulog khusus rotan yang bahan baku diperoleh dari daerah lain di Indonesia.

"Saya tahu problem bahan baku rotan. Terhambatnya suplai membuat perputaram ekonomi di kalangan pengrajin tidak lancar. Oleh sebab itu, saya akan merancang membuat Bulog khusus rotan,” kata Jokowi di Gerbang Mekar, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4).

Jokowi mengatakan, pemerintah akan membeli stok dari petani rotan di Sulawesi atau Kalimantan, lalu disimpan di Bulog rotan yang dibangun di sekitar Cirebon,

“Nanti pengrajin tinggal membelinya. Hal ini akan kami matangkan, terutama jika saya masih dipercaya memimpin untuk periode kedua," kata Jokowi yang ditemani istrinya, Iriana Jokowi, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Tohir, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Tak hanya Cirebon, Bulog rotan itu juga akan mensuplai kota-kota yang banyak memiliki pengrajin rotan, seperti Solo dan Jepara.

Baca juga : Jokowi Incar 75% Suara di Cirebon

"Paling tidak, Bulog rotan itu bisa menjadi andalan pengrajin untuk bersaing dalam hal produk dengan rotan plastik. Rotan yang alami harus harus bisa bertahan," lanjutnya.

Tak hanya itu saja kepedulian capres dengan nomor urut 01 terhadap Cirebon. Kapasitas kesultanan Cirebon yang kaya dengan kuliner dan produk tekstil punya potensi untuk dikembangkan dalam konsep ekonomi kreatif.

"Intinya, jika saya dipercaya kembali memimpin bangsa ini, saya sudah siapkan tiga kartu untuk semua warga, termasuk Cirebon agar semakin bergairah untuk memajukan daerahnya. Kartu Sembako untuk pemenuhan kebutuhan pokok, lalu KIP Kuliah bagi remaja yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, serta Kartu Pra-Kerja untuk meningkatkan kemampuan generasi muda agar siap kerja dan kreatif di industri," jelas Jokowi.

Terkait mengatasi masalah kekeringan di wilayah Cirebon Utara, Jokowi juga merencanakan membangun berbagai embung dan irigasi demi mendukung pertanian sekaligus antisipasi musim paceklik di kawasan itu.

"Di beberapa daerah, embung-embung bisa mengatasi masalah kekeringan. Meski masyarakat di Cirebon Utara sebagian besar merupakan nelayan di saat musim angin barat, tapi mereka juga petani disaat tidak melaut. Embung-embung itu bisa membantu atasi problem kekeringan yang ada," jelasnya.  (OL-8)

Baca Juga

dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...
Antara

Badan Pangan Nasional Dorong Penguatan Harga Gula Di Tingkat Petani Maupun Konsumen

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 14:18 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menegaskan seluruh pabrik gula dapat membeli gula kristal putih produksi petani tebu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya