Rabu 06 April 2022, 03:56 WIB

Jakarta Fashion Week Gelar Runway di Metaverse

Putri Rosmalia | Weekend
Jakarta Fashion Week Gelar Runway di Metaverse

Dok. JFW
Penandatanganan kerja sama antara JFW dan WIR Asia.

 

Tak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi digital, ajang peragaan busana Jakarta Fashion Week (JFW) mengumumkan akan menggelar peragaan busana lewat Metaverse.

Peragaan busana tersebut akan dilakukan dengan berkolaborasi dengan PT  WIR Asia Tbk,  pelopor perusahaan berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI).

Chairwoman JFW,  Svida Alisjahbana, mengatakan merambah Metaverse adalah hal yang harus dilakukan oleh industri fesyen. Dengan begitu para perancang dan industri fesyen di Indonesia dapat terus berkembang mengikuti perkembangan global. 

Dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, (5/4), Svida mengatakan, nantinya peragaan busan lewat Metaverse akan menjadi bagian dari rangkaian acara JFW tahun ini. Karena masih pertama kali, peragaan busana JFW di Metaverse tahun ini kemungkinan masih hanya akan dilakukan oleh sebagian desainer.

"Memang ini hal yang sangat baru, karena itu mungkin tahun ini masih akan sangat banal atau terbatas. Namun, tentu kami yakin akan makin berkembang di tahun-tahun selanjutnya," ujar Svida.

Svida mengatakan, pihaknya akan berusaha menggandeng desainer untuk dapat ikut mencoba merambah Metaverse. Karena ia yakin dengan Metaverse kesempatan para desainer untuk memasarkan dan mengenalkan karyanya jadi lebih terbuka.

"Ini juga bisa jadi arsip fesyen yang sangat berharga," ujarnya.

Ia tidak menampik bahwa pasti mayorita para desainer akan kesulitan di awal. Itu karena Metaverse umumnya bukan hal yang familiar bagi mereka.

"Itu tugas kami untuk bisa menjembataninya," ujar Svida.

Sementara itu, Gupta Sitorus Chief Marketing Officer PT WIR Asia Tbk, mengatakan kegiatan yang menarik minat publik sangat penting untuk dihadirkan di Metaverse. Dengan begitu dunia virtual buatan yang diciptakan akan lebih hidup dan menarik antusiasme banyak pihak.

"Nantinya JFW ini akan kami tampilkan di Metaverse Indonesia yang tengah kami bangun," ujar Gupta.

Akan seperti apa kosep panggung, acara, hingga lokasi virtual JFW tersebut nantinya akan dilakukan Gupta mengatakan masih dalam tahap diskusi dengan pihak JFW. 

Sementara itu, JFW merupakan kegiatan peragaan busana terbesar di Jakarta. JFW telah berlangsung setiap tahun selama lima belas tahun terakhir. Biasanya JFW diselenggarakan pada akhir tahun. (M-2) 

Baca Juga

123rf

Setop Minum Paracetamol Saat Hamil

👤Thalatie K Yani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:40 WIB
Penelitian terbaru menemukan paracetamol yang dikonsumsi saat hamil bisa menyebabkan anak...
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom

Desa Tinalah Yogyakarta Jadi Jawara di Creative Tourism Destination Award 2022

👤Fathurrozak 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:05 WIB
Desa Wisata Tinalah di Yogyakarta memboyong tiga penghargaan di Creative Tourism Destination Award...
AFP

Indikator Iklim Kritis Memecahkan Rekor pada 2021

👤Adiyanto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 10:42 WIB
Kekeringan dan banjir memicu kenaikan harga pangan yang diperparah pada tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya