Jumat 04 Februari 2022, 10:01 WIB

Lapar Menjelang Tidur? Ini Camilan yang Tepat

Nike Amelia Sari | Weekend
Lapar Menjelang Tidur? Ini Camilan yang Tepat

123RF
Yogurt Yunani tanpa pemanis merupakan salah satu camilan yang dapat dikonsumsi jika Anda merasa lapar menjelang tidur.

 

Ngemil sebelum tidur sering kali tidak dianjurkan, tetapi terkadang perlu karena sering kali akibat lapar seseorang merasa kesulitan untuk tidur. Makan sebelum tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan, namun nyatanya sebagian besar hanyalah mitos. 

Meskipun demikian, apa yang Anda pilih untuk dimakan sebelum tidur dapat memengaruhi berat badan Anda dari waktu ke waktu, bersama dengan kemampuan Anda untuk tidur nyenyak. Lalu, makanan apa yang harus dimakan jika merasa lapar sebelum tidur? Ahli gizi merekomendasikan beberapa makanan berikut yang sebaiknya dimakan di kala lapar sebelum tidur, seperti dikutip dari huffpost.com, Rabu (2/2).

1. Kenari
Menurut Tracy Lockwood Beckerman, ahli diet terdaftar, perut yang keroncongan di malam hari adalah cara tubuh Anda memberi tahu bahwa perut membutuhkan lebih banyak kalori dan nutrisi. Maka, Anda harus berusaha untuk makan makanan yang memberi  nutrisi paling banyak.

Itulah yang membuat kenari menjadi pilihan yang sangat baik. "Profil nutrisi kenari berlimpah, berkontribusi pada kalsium, magnesium, vitamin B, protein dan lemak sehat jantung seperti omega-3 nabati," kata Beckerman. Karena kenari mengandung begitu banyak nutrisi bermanfaat, penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi kenari dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan faktor risiko kardiometabolik lainnya.

2. Pisang
Selain enak, pisang ternyata bisa membantu Anda tidur. "Pisang mengandung potasium, yang merupakan pelemas otot alami, membantu membantu tidur malam yang nyenyak," kata Beckerman. "Mereka juga memiliki triptofan yang rendah, yang tidak hanya meningkatkan suasana hati tetapi dapat membantu tidur malam yang nyenyak," lanjutnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pisang mengandung jumlah gula yang cukup, sekitar 15 gram per pisang. Sementara terlalu banyak gula dapat mengganggu tidur, gula yang ditemukan dalam pisang adalah alami dan akan memiliki lebih sedikit efek pada gula darah Anda daripada gula rafinasi. Kemudian, pisang memiliki cukup banyak manfaat lain untuk menjadikannya sebagai camilan sebelum tidur yang bermanfaat dan yang tidak akan mengganggu tidur Anda. 

3. Kacang berlapis coklat
Sebagian besar dari kita mendambakan sesuatu yang manis sebelum tidur. "Anda tidak bisa salah dengan cokelat hitam dan kacang-kacangan untuk memuaskan rasa lapar sebelum tidur, berkat protein penstabil darah dan lemak sehat yang berasal dari kacang-kacangan. Cokelat hitamnya juga dalam jumlah yang tepat," papar Beckerman.

Satu peringatan di sini adalah bahwa cokelat hitam memang mengandung kafein, satu batang cokelat hitam padat 70% hingga 85% memiliki sekitar 80 miligram. Untuk konteksnya, satu cangkir kopi memiliki sekitar 100 miligram. Jika Anda makan segenggam kacang berlapis cokelat hitam, sangat kecil kemungkinannya Anda akan mengonsumsi kafein satu batang, tetapi kafein memengaruhi kita semua secara berbeda. Jadi, jika Anda tahu tidur Anda terganggu saat Anda mengonsumsinya maka opsi lain mungkin lebih baik.

4. Yoghurt Yunani dengan almond dan berry
Ahli diet terdaftar Abby Vichill merekomendasikan yogurt Yunani dengan almond dan buah beri. "Ini adalah pilihan yang bagus karena memiliki keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak. Karbohidrat ada di beri (dan yogurt), protein ada di yogurt, lemak ada di almond. Memiliki sesuatu yang berbasis karbohidrat, sesuatu yang berbasis protein, dan sesuatu yang berbasis lemak sebelum tidur membantu menjaga keseimbangan gula darah dan membuat tubuh Anda tidak terbangun di malam hari karena kebutuhan akan glukosa," jelasnya.

5. Kue beras dengan selai kacang
Vichill mengatakan ini adalah camilan sebelum tidur yang enak, karena selai kacang memiliki protein dan lemak dan kue beras memiliki karbohidrat. Ini sangat bagus untuk menjaga keseimbangan gula darah sepanjang malam.

6. Jamur shitake kering
Tetapi Beckerman mengatakan jamur shitake adalah salah satu sumber vitamin D nabati terbaik, yang merupakan bagian yang baik untuk mencapai istirahat malam. Dia juga mengatakan bahwa jamur shitake kering adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkannya. 

"Vitamin D berperan dalam produksi melatonin dan kami ingin memastikan hormon ini terkunci dan dimuat sebelum tidur untuk memastikan kualitas tidur yang tinggi," katanya. Pilihannya Anda bisa menumis jamur shitake sebelum tidur atau melakukannya sebelumnya dan menyimpannya di lemari es untuk dipanaskan kembali.

Bagaimana cara menghindari rasa lapar sebelum tidur?
Meskipun makan camilan sebelum tidur tidak apa-apa, jika Anda tidak suka makan sebelum tidur, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rasa lapar sebelum tidur.

"Saya sarankan mengonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup di awal hari. Jangan menunggu sampai makan malam untuk makan dua pertiga dari makanan Anda," kata Vichill. "Bertujuan untuk memiliki 25-30 gram protein pada makanan utama Anda, dan tiga hingga lima porsi sayuran silangan atau berserat tinggi saat makan siang dan makan malam."

Beckerman menambahkan bahwa tubuh kita mengambil persediaan nutrisi di penghujung hari. "Itulah mengapa kita mungkin mengalami gelombang kedua rasa lapar sebelum tidur jika tubuh tidak merasa kenyang dan seimbang dengan vitamin dan mineral yang tepat," katanya. (M-2) 

Baca Juga

MI/Devi Harahap

Film Mencuri Raden Saleh bakal Tayang Serentak 25 Agustus 2022

👤Devi Harahap 🕔Jumat 01 Juli 2022, 08:10 WIB
Tak banyak film Indonesia yang menyajikan kisah aksi kriminal pencurian. Hal itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Angga dalam...
Unsplash.com/Marcos Ramírez

Tips Merawat Sikat Gigi agar Bebas Kuman

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 01 Juli 2022, 08:00 WIB
Berikut beberapa cara mencegah penyebaran kuman ke dan dari sikat gigi Anda dan cara terbaik untuk membersihkannya, seperti dikutip dari...
 Unsplash.com/PULSÍTOS

7 Jenis Makanan yang tidak Bikin Gendut

👤Devi Harahap 🕔Jumat 01 Juli 2022, 07:18 WIB
Diet kaya protein bisa bikin perut cepat kenyang, sekaligus menghasilkan asupan kalori keseluruhan yang lebih rendah daripada diet rendah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya