Jumat 17 Juli 2020, 17:00 WIB

Yuk, Nonton Teater Musikal Cerita Rakyat dari Rumah

Bagus Pradana | Weekend
Yuk, Nonton Teater Musikal Cerita Rakyat dari Rumah

Dok.Indonesiakaya.com
Aktor/aktris yang terlibat pertunjukan teater musikal cerita rakyat

 

Pandemi covid 19 memukul  para pelaku industri kreatif di Tanah Air, termasuk para pekerja seni panggung yang secara langsung terkena imbas. Pasalnya, banyak agenda pertunjukan terpaksa  dibatalkan untuk mencegah penularan virus tersebut. Dampaknya, banyak seniman kehilangan pendapatan.

Untuk menyajikan ruang kreasi baru bagi para seniman panggung ini agar tetap mampu menampilkan karya-karya mereka dengan tetap membatasi interaksi, Indonesiakaya.com bekerjasama dengan BOOW LIVE untuk pertama kalinya mempersembahkan format pertunjukan teater musikal daring bertajuk #MusikalDiRumahAJa.

"Pandemi ini mengubah ruang pentas yang identik dengan bangunan fisik menjadi ruang virtual serta mendorong para pekerja seni beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Tujuannya agar ekosistem industri seni pertunjukan tetap bertahan," ungkap ​Renitasari Adrian, ​Program Director Indonesiakaya.com dalam konferensi pers, Kamis (16/7).

"Di tengah keterbatasan tersebut mereka mampu unjuk diri dengan menghasilkan suatu karya musikal online yang luar biasa indah sebagai bukti cinta pada seni pertunjukan Indonesia," tambah Renita.

Dalam pertunjukan musikal daring ini akan ditampilkan pertunjukan 6 cerita rakyat Indonesia yang dikemas secara apik oleh para seniman profesional, di antaranya adalah Malin Kundang, Timun Mas, Rara J, Sangkuriang, Bawang Merah Bawang Putih, dan Lutung Kasarung.

Pertunjukan ini yang melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor dan aktris.  Mereka akan membawakan cerita-cerita rakyat tersebut dalam format tampilan berbeda. Kegiatan ini sekaligus menjadi alternatif bagi para seniman panggung yang sebelumnya sempat kehilangan mata pencahariannya selama masa pandemi untuk dapat tetap berkarya.

"Keadaan pandemi ini memberikan banyak perubahan dalam hidup kita. Tanpa kita sadari banyak hal yang kita takutkan menjadi kenyataan, namun kita pun belajar untuk beradaptasi dengan situasi baru ini dengan menerima segala kekurangan sehingga kita bisa mengasah kembali kelebihan kita," ungkap ​Bayu Pontiagust, produser eksekutif #MusikalDiRumahAja.

Enam cerita rakyat yang dibawakan dalam pertunjukan ini akan dikemas dalam format baru dengan dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia. Semua cerita hampir sebagian besar persiapannya dilakukan secara online dan pengambilan gambar mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku.

Beberapa aktor kenamaan pun turut terlibat dalam pertunjukan ini, di antaranya ada Dea Panendra yang akan menjadi Rubiyah atau Ibu Malin Kundang, Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi, Karina Salim sebagai Timun Mas, Zack Lee sebagai Raksasa dalam cerita Timun Mas, hingga Sha Ine Febrianti yang terlibat dalam penggarapan Bawang Merah Bawang Putih.

Bagi para penikmat seni yang penasaran dengan pertunjukan teater musikal daring #MusikalDiRumahAja, Anda dapat menontonnya secara virtual yang akan disiarkan melalui akun Youtube Indonesiakaya mulai  23 Juli 2020 esok, setiap pukul 20.00 WIB. (M-4)

Baca Juga

Antara

Remy Sylado Ciptakan Puisi Khusus untuk Galang Donasi

👤Bintang Krisanti 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:40 WIB
Tiga puisi karya Remy akan dilelang bagi donasi anak yatim piatu...
AFP/Clive Brunskill/Getty Images

Raducanu Jadi Duta Baru Dior

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:30 WIB
Raducanu mengenakan gaun Dior saat menghadiri pemutaran perdana film James Bond, No Time To Die, bulan...
ANTARA/Charles & Keith Indonesi

Rayakan Ulang Tahun Ke-25, Charles & Keith Rilis Koleksi Terbatas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:00 WIB
Jenama itu menghadirkan koleksi tas, sandal dan sepatu yang menampilkan ciri khas Charles & Keith dengan menggunakan bahan daur ulang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya