Kamis 26 Maret 2020, 12:05 WIB

Dari Astronot sampai Pelaut, Ini Kiat Mereka Saat Isolasi Diri

Irana Shalindra | Weekend
Dari Astronot sampai Pelaut, Ini Kiat Mereka Saat Isolasi Diri

AFP
Ilustrasi luar angkasa

 

Dengan miliaran orang di seluruh dunia yang tiba-tiba menyesuaikan diri dengan langkah-langkah penjarakan fisik sebagai bagian dari pertempuran untuk memperlambat penyebaran covid-19, beberapa profesional yang terbiasa mengisolasi diri memiliki beberapa tips. Dari astronot hingga awak kapal selam, berikut adalah beberapa cara praktis untuk meningkatkan kesejahteraan Anda dan mencegah demam selama minggu-minggu yang intens di rumah.

1. Menetapkan jadwal
Scott Kelly, seorang pensiunan astronot NASA, menghabiskan hampir satu tahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia mengatakan kepada AFP bahwa pola pikir sangat penting. "Orang-orang perlu memiliki ekspektasi yang tepat, kita tidak tahu kapan ini akan berakhir," katanya. "Kita bisa melakukan ini untuk jangka panjang sehingga pola pikirmu perlu: Aku hidup seperti hidup di ruang angkasa selama setahun, aku harus punya jadwal, aku harus bangun pada waktu yang teratur, tidur secara teratur."
 Dia juga mengatakan olahraga adalah kunci untuk kesejahteraan fisik dan mental saat isolasi diri.
 
2. Temukan misi Anda 
Bagi Vincent Larnaudie-Eiffel, mantan komandan kapal selam nuklir, bekerja dengan baik dalam kondisi terkungkung berarti menemukan dan berinvestasi dalam "misi" pribadi Anda sendiri. Sama seperti di kapal selam, "terjebak di apartemen kami, kami semua berbagi misi dan itu adalah untuk melindungi orang lain, pekerja medis dan berhasil menavigasi cobaan ini." 
Dia mengatakan penting untuk menetapkan rutinitas harian dan tetap pada itu. "Kamu tidak bisa menyerah ... kamu perlu melakukan sesuatu dengan waktu yang ditangguhkan ini." Bagi Larnaudie-Eiffel dan kawan-kawannya, ini melibatkan pembuatan model atau menanam tanaman di bawah cahaya buatan selama waktu luang mereka. "Penting juga bahwa setiap orang memiliki ruang mereka sendiri," katanya kepada AFP. "Di kapal selam, itu mungkin tempat tidur yang sempit. Itu sama di apartemen yang sempit."
 
3. Coba hal baru
Pelaut Isabelle Autissier adalah wanita pertama yang mengelilingi dunia sendirian. Ini melibatkan banyak waktu untuk dirinya sendiri. Tapi dia bilang dia tidak pernah merasa kesepian karena "Aku memilih untuk sendirian." Untuk orang-orang yang terjebak di rumah, dia merekomendasikan untuk menggunakan waktu "untuk mencoba hal-hal baru, membaca, mendengarkan musik yang berbeda, menulis jurnal Anda, mengambil foto, mulai menggambar." 
Di atas semua itu penting bahwa orang tidak melihat terlalu jauh ke depan. Ketika dia berada di laut, menghadapi jumlah waktu yang tidak ditentukan sendirian "hal pertama adalah tidak menghitung hari," kata Autissier.
 
4. Melemahnya moral adalah normal 
Cyprien Verseux, seorang astrobiologis di Universitas Bremen di Jerman, pernah menghabiskan waktu lebih dari setahun di sebuah pod kecil bersama lima sukarelawan lain untuk simulasi kondisi dalam misi masa depan ke Mars. "Normal bagi moral dan produktivitas Anda untuk menurun," katanya. "Itu bukan pertanda kelemahan. Jangan menambah rasa bersalah pada masalahmu." 
Ketika berada dalam kurungan untuk percobaan, Verseux tidak diizinkan di luar dan dilarang berkomunikasi secara real time dengan dunia luar.
 
5. Tetap berhubungan 
Pada 2009, astronot Frank de Winne menjadi orang Eropa pertama yang memerintahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia mengatakan sangat penting untuk menjaga kontak manusia, meskipun hanya secara elektronik. "Sarana komunikasi ada di sana, Anda harus berusaha dan menggunakannya," katanya. Belgia, sekarang di karantina di Bumi, memastikan untuk video call ibunya yang sudah tua pada waktu yang sama setiap hari. (AFP/M-2) 
 

Baca Juga

123RF

Yang Masih Menjadi Ganjalan dalam Dunia Puisi Indonesia

👤Fathurrozak 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 01:41 WIB
Penyair Joko Pinurbo dan Inggit Putria Marga akan melelang puisi tulisan tangan mereka untuk aksi...
Unsplash.com/Anupam Mahapatra

Ini Penyebab Kulit Kemerahan dan Gatal Usai Berolahraga

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 25 Oktober 2021, 06:11 WIB
Ketika kita berolahraga, jantung memompa darah dan oksigen terlalu banyak ke otot-otot yang sedang...
Dok KCCI

Kedubes Korsel Gelar Hanbok-Batik Fashion Show

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:15 WIB
Tujuan acara itu adalah untuk mempromosikan pertukaran budaya Korea-Indonesia dengan memperkenalkan dan mengolaborasikan busana tradisional...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya