Rabu 10 April 2019, 20:40 WIB

Demi Lingkungan, Krakatau Kembali Naik Panggung

Tosiani | Weekend
Demi Lingkungan, Krakatau Kembali Naik Panggung

Antara Foto/Fikri Yusuf
Krakatau, band beraliran fusion jazz, akan menggelar konser bertema lingkungan pada 30 April 2019 di Jakarta.

 

Group musik beranggotakan Indra Lesmana, Trie Utami, Donny Suhendra, Gilang Ramadhan, Dwiki Darmawan, dan Pra Budi Dharma tersebut kini berencana kembali ke atas panggung lewat konser khusus pada 30 April mendatang di Ciputra Artpreneur Jakarta. Lagu-lagu yang dibawakan pada konser tersebut akan berkenaan dengan isu lingkungan, seperti hutan, terumbu karang, sampah, orang utan, dan perihal kerusakan alam.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (10/4), Dwiki mengatakan, pada konser berdurasi sekitar dua jam itu, Krakatau akan membawakan lagu-lagu lama sekitar 30%, lagu dari album Chapter One tahun 2016 sebanyak 30%, dan sisanya ialah lagu-lagu dari album Chapter Two yang dirilis tahun 2018.

Sementara itu, Trie Utami mengatakan, diusungnya tema lingkungan pada konser Krakatau karena lingkungan bukan isu lokal lagi, tapi sudah merupakan isu internasional. Persoalan lingkungan juga bukan lagi sekedar wacana, tapi semua orang sudah merasakan perubahan yang terjadi.

"Krakatau merasa terpanggil untuk menyuarakan kecintaan terhadap alam. Ini masanya kita mengambil peran menjadi suara Indonesia terhadap perubahan iklim dan kerusakan lingkungan," ujar Trie.


Pada konser 30 April nantinya, lanjut Tri, akan ditampilkan musik instrumentalia 'Pertiwi Mata' yang diwarnai voicing berupa mantera yang pada jaman dahulu pernah dipakai di Nusantara. Pertiwi Mata dari Bahasa Sansekerta, berarti mother of earth.

Musik Pertiwi Mata diciptakan oleh Indra Lesmana. Indra mengaku, musik itu terinspirasi dari ragam kehidupan dan kebudayaan di Pulau Bali yang ia tinggali selama beberapa tahun terakhir. "Inspirasi melodinya saya dapat dari musik jegog di Bali," ujar Indra.

Penyelenggaraan konser juga bekerja sama dengan DSS Concert dan paguyuban muda mudi Indonesia Swara Gembira. Dalam konser tersebut juga akan dimunculkan penampilan anak-anak dari personel Krakatau. (M-2)

Baca Juga

Dok. Instagram @festivaldecannes/ M.Parey

Sutradara Park Chan-wook Bawa Kisah Romansa Detektif di Festival Cannes 2022

👤Fathurrozak 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:20 WIB
Chan-wook yang pernah menang di Cannes 2004, kali ini membawa film Decision to...
MI/Retno Hemawati

Modena Kitchen Solutions Tawarkan Solusi Satu Pintu Wujudkan Dapur Impian

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 20:51 WIB
Selain Modena Kitchen Solutions yang terletak di MEC Kemang, terdapat juga Prive, sister brand dari Modena untuk menyempurnakan ide...
123RF/belchonock

Ilmuwan Temukan Cara Perkaya Vitamin D Pada Tomat

👤Putri Rosmalia 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:03 WIB
Hal itu dilakukan karena tidak banyak bahan makanan yang mengandung Vitamin D. Yang adapun kadarnya relatif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya