Sabtu 31 Agustus 2019, 12:00 WIB

Menjajal Ponsel Samsung Seri M Teranyar

Administrator | Video

BELAKANGAN Samsung tampak amat sering meluncurkan produk-produk ponsel pintarnya ke pasaran, salah satunya dari keluarga Galaxy M, yakni Samsung Galaxy M30.

Seperti yang diketahui, ciri khas dari seri M ialah kapasitas baterainya yang besar dan mampu tahan lama jika dibandingkan dengan seri lainnya. Secara penampilan, M30 sedikit berbeda dengan seri M10 maupun M20 yang dilepas ke pasaran lebih awal. Jika kedua pendahulunya mengusung layar infinity-v pada bagian notch (poni) tempat disematkannya kamera depan, Samsung justru mengubah ciri khas tersebut dengan mengusung layar infinity-u pada bagian notch M30.

Tidak hanya bentuk, jenis layar M30 sudah berteknologi superamoled seluas 6,4 inci sehingga lebih jernih dan hemat energi daripada layar pendahulu-pendahulunya yang hanya menggunakan layar jenis TFT.

Beralih dari sisi layar, bagian belakang M30 sekarang telah mengusung desain gradasi warna meskipun masih dibalut material plastik yang tentunya rentan licin. Ada dua pilihan warna, yaitu gradation black dan gradation blue. Selain desain yang menarik, di sisi belakang disematkan pula tiga kamera utama dengan resolusi masing-masing 13 MP, 5 MP, dan 5 MP serta lampu flash led untuk membantu mengambil foto dalam keadaan gelap.

Secara fungsi, kamera 13 MP sebagai kamera utama, 5 MP sebagai kamera bersensor ultra wide yang mampu menjangkau pandangan objek lebih luas, yaitu 123 derajat, serta 5 MP yang berfungsi untuk mempertajam objek yang difoto.

Hasil foto M30 cukup memuaskan, warna objek dapat diterjemahkan dengan baik saat kondisi kaya akan cahaya, sedangkan untuk kondisi minim cahaya cukup jelas dengan sedikit blur. Untuk kamera ultra wide-nya memang dapat mengambil gambar dengan cakupan yang lebih luas, warna objek yang ditangkap pun cukup baik. Namun, jika deperhatikan atau diperbesar hasil fotonya seakan-akan objek 'tertarik' guna memberikan tangkapan objek yang lebih luas.

Untuk hasil rekaman videonya standar, dalam keadaan pencahayaan normal hasil rekaman cenderung sedikit lebih gelap dan ponsel ini belum disematkan fitur image stabilizer, jadi rekaman video akan ikut goyang jika Anda merekam dalam keadaan tidak stabil. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 16 MP dengan hasil jepretan yang cukup baik dengan filter maupun beautify yang bisa diatur sesuai selera. Ada pula mode pengambilan fokus live untuk mengambil swafoto dengan efek bokeh. Dari segi keamanan, ponsel ini sudah disematkan dengan pengenalan wajah dan sensor sidik jari untuk membuka ponsel.

Kapasitas baterai M30 terbilang jumbo, yaitu 5.000 mAH, dan diklaim mampu bertahan hingga 31 jam. Tentu saja M30 sudah didukung fitur fast charging dengan USB tipe C yang memungkinkan pengisian daya baterai dapat lebih cepat.

Untuk chipset, M30 menggunakan Exynos 7904 dengan OS Android 9.0 (Pie) dengan RAM 4GB dan ROM 64 GB serta mendukung dual SIM dual stand by. Fitur unik lainnya yang ada di ponsel tersebut ialah dolby atmos yang akan aktif jika Anda sedang menggunakan earphone, headset, maupun bluetooth speaker sehingga suara yang dihasilkan lebih menggelegar, mendengarkan musik maupun video lebih menyenangkan karena suara yang dihasilkan memanjakan telinga Anda.

Dengan sederet inovasi itu, Samsung Galaxy M30 dibanderol dengan harga Rp3,3 jutaan atau lebih mahal ketimbang harga seri M20, apalagi M10 yang sudah dipasarkan sebelumnya. (Riz/M-2)

Video Lainnya

Rapid Test Petugas KPPS

👤Administrator 🕔Kamis 26 November 2020, 17:02 WIB
Tes tersebut guna memastikan kesehatan dan pecegahan penularan covid-19 saat pelaksaanaan pemungutan suara pemilu Bupati Kabupaten Bandung...

Hal yang Harus Dihindari ketika Pakai Masker

👤Administrator 🕔Kamis 26 November 2020, 15:55 WIB
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dihindari dalam penggunaan masker di kegiatan...

Melukis sebagai Media Terapi

👤Administrator 🕔Kamis 26 November 2020, 11:00 WIB
Saat ini masih jarang  seniman/perupa mengajarkan ilmu seni kepada penyandang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya