Minggu 04 Agustus 2019, 19:28 WIB

Lestarikan Budaya Lewat Sajian Tarian Tradisional

Administrator | Video

YAYASAN Belantara Indonesia yang didukung PT Pertamina (Persero) menggelar acara lestarikan budaya yang diselenggarakan di pelantaran FX Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8), pukul 07.00 WIB.

Agenda tersebut dipastikan merupakan olahraga bersama melalui tarian tradisional. Karena diikuti oleh banyak peserta, masyarakat yang sedang menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di sepanjang jalan Sudirman terkadang berhenti untuk melihat acara tersebut.

Pada agenda tersebut peserta yang mengikuti dari berbagai kalangan mulai dari orang tua hingga anak-anak dan jumlahnya lebih dari 2.500 orang.

"Persertanya sendiri semakin bertambah dari 1.500 orang 2.000 orang dan terus semakin meningkat setiap tahunnya. Hari ini pesertanya jika dirilis datanya berjumlah 2.815 orang," kata Founder yayasan Belantara Budaya Indonesia, Diah Kusumawardani Wijayanti di pelantaran FX Sudirman, Minggu (4/8).

Dengan jumlah peserta yang banyak tidak jarang masyarakat yang turut berolahraga di sekitar area turut mengikuti senam tari tersebut dan sesekali mengabadikan momen tersebut.

Setiap peserta sendiri memakai pakaian yang didominasi dengan warna merah dan juga dipenuhi atribut penari seperti selendang, tudung kepala, dan lainnya.

"Tujuan acara ini untuk mengkampanyekan kearifan lokal daerah kita itu bagus baget, keren banget dan kita harus bangga akan itu," ujar Diah.

Dalam agenda tersebut tersedia 10 tarian yang ditarikan mulai dari Jakarta, Jawa, Cirebon, Nusa Tenggara Timur, Maumere, sampai Papua.

"Dan setiap tahun tariannya ada yang berbeda dan ada pula yang sama. Karena kita mencari tarian yang dinamis sehingga semua kalangan dapat mengikuti," cetus Diah.

"Agendanya selain menari lokal juga ada talk show dan tampilkan musik tradisional," imbuhnya.

Agenda tersebut juga akan terus diselenggarakan setiap tahunnya untuk menyambut HUT Republik Indonesia dan kembali mengkampanyekan budaya lokal.

"Ini merupakan agenda tahunan kita setiap bulan Agustus. Agenda ini dinamakan Tunjukan Indonesia Mu yang diadakan oleh Yayasan Belantara Indonesia," jelas Diah.

Agenda kali ini mengusung tema Bhineka Tunggal Ika untuk kembali mempersatukan masyarakat setelah adanya kontestasi pemilu lalu.

"Harapannya ditahun ini bertambah masyarakat yang bangga akan tradisi dan budayanya. Dan saat ini untuk persatuan bangsa Indonesia," tutupnya.

Serupa dengan Founder yayasan Belantara Budaya Indonesia itu salah satu peserta yang mengikuti agenda tersebut, Kusumo Dwi Astuti, mengatakan Adanya acara ini untuk mengekspos budaya lokal dan mengeratkan seragam bhineka Indonesia.

Dirinya berpendapat bahwa acara tersebut perlu diadakan di kota-kota lain juga dengan tujuan membangkitkan rasa nasionalisme di kalangan remaja dan generasi muda.

"Acara ini bagus sekali jadi untuk membangkitkan rasa nasionalisme ke-bhineka-an. Selama ini banyak kebudayaan kita yang sebetulnya bagus tetapi banyak yang kurang dikenal oleh masyarakat sendiri," kata wanita berusia 60 tahun tersebut.

"Harusnya sering diadakan seperti ini agar generasi muda itu tau bahwa kita punya kebudayaan yang bagus," tutup Kusumo Dwi. (M Iqbal Al Machmudi)

Video Lainnya

Tes Usap Wartawan

👤Administrator 🕔Jumat 27 November 2020, 16:40 WIB
Sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Magelang menjalani tes usap untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus mengantisipasi...

Memori Guru

👤Administrator 🕔Jumat 27 November 2020, 15:22 WIB
Walau berjauhan, jarak bukan alasan untuk berhenti mendapatkan pendidikan. Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk masa depan...

Rapid Test Petugas KPPS

👤Administrator 🕔Kamis 26 November 2020, 17:02 WIB
Tes tersebut guna memastikan kesehatan dan pecegahan penularan covid-19 saat pelaksaanaan pemungutan suara pemilu Bupati Kabupaten Bandung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya