Minggu 30 Juni 2019, 05:00 WIB

GIIAS 2019 Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif

Administrator | Video

GABUNGAN Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tetap komit untuk terus memberi masukan dan informasi kepada pemerintah dalam membuat langkah-langkah kebijakan, agar industri otomotif tetap tumbuh seperti yang diharapkan oleh para pelaku usaha industri otomotif dalam negeri.

Menurut Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara, saat ini ada sekitar 15-16 juta kendaraan roda empat/lebih yang beroperasi di jalanan. Itu artinya rasio kepemilikan mobil di Indonesia baru 87 mobil per 1.000 penduduk dari total 260 juta penduduk Indonesia.

"Bandingkan dengan rasio kepemilikan mobil di Thailand yang mencapai 230 mobil per 1.000 dari 70 juta penduduk atau Malaysia yang memiliki rasio 420 mobil per 1.000 dari total 28 juta penduduk. Kita masih sedikit sekali," ungkap Kukuh saat menghadiri pre-event bertajuk 'GIIAS Talk x Blibli.com di kawasan Cilandak, Jakarta, Sabtu (29/6).

"Artinya kalau kita bicara kemacetan di jalanan kota-kota besar di Indonesia, sebenarnya bukan mobil yang menjadi penyebab kemacetan, tetapi kurang banyaknya jalanan yang tersedia. Jadi jangan produsen mobilnya yang disalahkan." pungkas Kukuh menambahkan.

Selain itu, GAIKINDO juga mendukung penuh pemerintah dalam program percepatan pengembangan kendaraan listrik. Pertumbuhan penggunaan kendaraan berbasis EV ini sangat bergantung pada permintaan pasar dalam negeri.

"Pembangunan infrastruktur pendukung dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station yang membutuhkan waktu juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi," jelas Kukuh lagi.


Otomotif Era Digital

Di tempat yang sama, SVP Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan bahwa, dunia digital kini bersinergi dengan industri otomotif untuk memberi konsumen otomotif pengalaman yang menyeluruh saat mereka mencari dan membeli produk otomotif, mulai dari spare parts hingga kendaraan bermotor.

"Melalui Blibli.com para pelanggan bisa memeriksa harga, membandingkan spesifikasi dan mendapatkan penawaran khusus yang akan membantu mereka dalam membuat keputusan untuk membeli," ujar Lay yang memang memiliki passion di dunia otomotif tersebut.

Selain itu, di era digital ini tuntutan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat terkait otomotif juga membuka banyak peluang bagi para content creator dan menjadikannya sebagai profesi yang banyak dicari orang.

Salah satunya adalah reviewer otomotif Fitra Eri yang mengatakan bahwa saat ini pekerjaan content creator menjadi pekerjaan impian bagi banyak orang yang dianggap mudah, padahal tidak jarang para content creator dipaksa untuk berfikir kreatif dan out of the box.

"Semakin pesat perkembangan teknologi otomotif, semakin banyak bagian yang bisa dibahas. Jangan hanya review kendaraan dari performanya saja, namun juga teknologi yang hadir dalam kendaraan itu," papar reviewer otomotif yang memiliki 700an ribu follower itu.

"Kendaraan mulai berkembang menuju ke fase yang lebih mengedepankan teknologi dan digital. Itu sejalan dengan tema GIIAS 2019 yaitu Future in Motion," ungkap Fitra.

Peluang yang sama juga bisa diperoleh kalangan komunitas otomotif untuk berkembang, mencari informasi dan saling berkomunikasi.

Hal itu diungkapkan Chief Marketing Officer Modifikasi.com Hartono Sufi, bahwa komunitas otomotif terus berkembang dari masa ke masa, mulai dari bentuk, tujuan dan cara berkomunikasinya.

"Dunia otomotif memiliki banyak peluang untuk menumbuhkan potensi berkarya baru. Kunci untuk terus berkembang adalah harus jeli melihat perubahan yang terjadi agar bisa mengimbangi kebutuhan informasi penggiat dunia otomotif," ungkapnya.

GAIKINDO akan kembali menyelenggarakan The 27th GIIAS 2019 yang menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang ternama, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 11 merek sepeda motor dan lebih dari 300 merek industri pendudukung.

Pagelaran otomotif terbesar di Asia ini akan dibuka pada 18-28 Juli 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, didukung penuh oleh Astra Financial sebagai sponsor platinum, Blibli.com sebagai sponsor exclusive e-commerce & online ticketing.

Berdiri sejak Agustus 1969, GAIKINDO telah melakukan banyak kerjasama tidak hanya dengan para pelaku industri otomotif dalam negeri dan menjadi anggota organisasi industri otomotif dunia (OICA), namun juga melakukan mitra bisnis dengan asosiasi perusahaan otomotif luar negeri seperti dari Jerman, Jepang, Tiongkok dan negara lain. (Zen)

Video Lainnya

Di Balik Penggerudukan Ibunda Mahfud

👤Administrator 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 03:39 WIB
Membela kehormatan orang tua hukumnya wajib. Jadi, wajar saja Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD...

Zona Merah, Masjid Kota Tangerang Pasang Thermal Scanner

👤Administrator 🕔Jumat 04 Desember 2020, 17:54 WIB
Pengurus masjid menyiagakan dua alat pengukur suhu tubuh di pintu masuk masjid sebagai dampak atas kembalinya Kota Tangerang menjadi zona...

Tes Usap Massal Karyawan Pabrik

👤Administrator 🕔Kamis 03 Desember 2020, 17:10 WIB
Sejumlah karyawan pabrik antre untuk mengikuti tes usap (swab) di Kawasan Industri MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya