Sabtu 20 Januari 2018, 22:07 WIB

Ratna Riantiarno, Ikon Teater 2017

Administrator | Video

Bersama suaminya, Ratna Riantiarno memopulerkan seni teater lewat Teater Koma yang mereka dirikan pada 1970-an. Ia melakoni peran sebagai aktris film layar lebar, mengelola berbagai festival seni-pertunjukan baik itu teater, tari, maupun musik.

PEREMPUAN ini ialah pegiat teater tulen. Ia malang melintang di dunia teater sejak masih sangat muda. Memang, semula ia mengenal dunia kesenian lewat seni tari. Dengan menari, dia sempat berkeliling dunia, kemudian mangkal di New York, AS, selama hampir dua tahun, 1975-1976. Namun, ternyata teater menjadi pilihan jiwanya.

Ratna Riantiarno, nama itu pastilah sangat akrab dengan pencinta teater Indonesia. Pertama kali, Ratna memainkan naskah drama di Teater Kecil dalam lakon Kapai-Kapai, 1970. Sejak itu, kecintaannya terhadap dunia teater semakin menjadi-jadi. Ia tidak hanya mencatatkan diri sebagai manager seni pertunjukan tetaer yang andal. Lebih dari itu, ia adalah sosok di balik nama teater besar yang bisa bertahan dengan penjualan tiket. Sangat jarang kelompok teater mampu berlaku seperti itu. Tidak salah memang jika Federasi Teater Indonesia (FTI) menganugrahi penghargaan sebagai Ikon Teater 2017.

Ada banyak yang bisa digali dari sosok perempuan pejuang teater itu. Pelajaran tentang bagaimana hidup di dalam teater sekaligus menghidupi teater. Dalam Teater Koma, dia manajer grup sekaligus ibu yang penuh perhatian kepada para anggota paguyuban.

Siapa sangka, Ratna juga pernah bekerja sebagai asisten kehumasan sebuah majalah. Ia juga tercatat sebagai direktris perusahaan PR.

Ratna tidak mau disebut sebagai produser Teater Koma, meski dia yang berada di balik sukses pertunjukan. (Abdillah M Marzuqi)

Video Lainnya

Warga Jakarta Ikuti Swab Antigen

👤Administrator 🕔Senin 23 November 2020, 19:17 WIB
Anies menyatakan pihaknya tak segan menerapkan rem darurat dengan memperketat kembali PSBB jika kemudian kasus kembali mengalami lonjakan...

Membantu Anak Mengatasi Stres Selama Pandemi Covid-19

👤Administrator 🕔Senin 23 November 2020, 15:55 WIB
Selama masa pandemi ini membuat banyak batasan bagi anak untuk...

Anies, Kerumunan, dan Harapan untuk Kapolda Metro Jaya

👤Administrator 🕔Senin 23 November 2020, 15:23 WIB
Kemendagri meradang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membandingkan penanganan protokol kesehatan pada Pilkada 2020 dan kerumunan massa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya