Sabtu 14 Januari 2023, 08:15 WIB

Inovasi Canggih dan Unik dari CES 2023

Putri Rosmalia | Teknologi
Inovasi Canggih dan Unik dari CES 2023

AFP/ROBYN BECK
Ajang CES 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

 

AJANG pameran inovasi elektronik paling populer, Consumer Electronics Show (CES), kembali digelar awal tahun ini. CES 2023 dihelat pada 5 hingga 8 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Puluhan perusahaan teknologi dari berbagai negara kembali memamerkan produk-produk terbaru mereka. Baik yang masih purwarupa maupun yang telah siap dirilis dalam waktu dekat.

Sejak pertama kali digelar pada 1967, CES telah menjadi salah satu tolok ukur perkembangan industri elektronik global. Ribuan produk mutakhir dirilis dalam forum itu. Mulai produk komputer, gawai, robot, elektronik rumah tangga, hingga teknologi modern penunjang gaya hidup sehat.

Tahun ini, produk yang hadir semakin beragam. Tak hanya didominasi dengan produk gawai dan komputer, tetapi juga terdapat ragam robot, alat penunjang teknologi rumah pintar, pemantau kesehatan, perangkat gim dan virtual reality, hingga kendaraan-kendaraan pintar.

"Dari 3.200 perusahaan yang terlibat di CES tahun ini, sebanyak 1.400 di antaranya berasal dari luar AS. Ini menandakan CES semakin mengglobal," ujar CEO Consumer Technology Association, Gary Shapiro, dilansir dari Forbes.com, Kamis (5/1).

Dari ribuan produk yang ditampilkan, berikut ini beberapa produk yang paling banyak menyita perhatian dalam CES 2023.

 

1. Lenovo Yoga Book 9i

Dok. Lenovo

Setelah menghadirkan laptop berlayar sentuh dengan prosesor canggih, tahun ini Lenovo membocorkan calon produk laptop terbaru mereka, Yoga Book 9i, yang memiliki layar ganda.

Tiap-tiap layarnya berukuran 13,3 inci dengan panel OLED beresolusi 2,8 K yang mendukung Dolby Vision HDR. Meskipun bukan layar foldable yang dapat dilipat, kedua layar tersebut dapat beroperasi secara terpisah ataupun menyatu menjadi satu tampilan.

Bagian kibor dapat dilepas atau digunakan secara terpisah menggunakan koneksi bluetooth. Ketika kibor dilepas, laptop tersebut dapat digunakan layaknya sebuah tablet. Dengan begitu, pengguna dapat merasa seperti memiliki laptop dan tablet sekaligus.

Dikutip dari Lenovo.com, laptop itu juga dibangun dengan prosesor mumpuni, yakni prosesor Intel Core i7-U15 generasi ke-13 dan GPU Intel Iris Xe. Terdapat kamera webcam 5 MP yang mendukung fitur Windows Hello.

Yoga Book 9i memiliki bobot 1,38 kilogram dengan ketebalan 15,95 millimeter. Laptop tersebut hadir dalam satu varian warna, yaitu tidal teal. Yoga Book 9i mulai dilepas ke pasar pada Juni 2023 dengan harga US$2.100 atau sekitar Rp32,7 juta.

 

2. Sony Project Leonardo

Dok. SONY PLAYSTATION

Project Leonardo ialah perangkat alat kontrol gim yang dirancang Sony untuk membantu para penyandang disabilitas. Alat kontrol tersebut dapat diatur bentuknya secara mandiri oleh penggunanya alias dapat dibongkar pasang agar sesuai kebutuhan.

"Komponen-komponen Project Leonardo memungkinkan pemain menemukan konfigurasi yang sesuai dengan kekuatan, jangkauan, dan kebutuhan fisik penggunanya yang beragam," bunyi pernyataan resmi dalam blog Sony Playstation.

Untuk memastikan alat kontrol ini bisa bekerja sesuai tujuannya, Sony bermitra dengan organisasi advokasi penyandang disabilitas, AbleGamers, SpecialEffect, dan Stack Up. Sony melibatkan para pemain gim disabilitas dalam menyusun desain dan melakukan uji coba.

Dalam CES 2023, Sony baru menampilkan Project Leonardo dalam bentuk virtual. Belum disebutkan tanggal pasti perilisannya, tetapi ditargetkan untuk dirilis pada tahun ini.

 

3. Samsung Microplastic Reduction Washing Machine

Dok. Samsung

Mikroplastik merupakan salah satu masalah yang menghantui di era saat ini. Bukan hanya bagi lingkungan, mikroplastik juga mengancam kesehatan. Mikroplastik masuk ke tubuh manusia lewat berbagai media, di antaranya, lewat alat makan, makanan laut, dan pakaian yang mengandung bahan plastik.

Kegelisahan dan upaya menghindari mikroplastik yang saat ini semakin menguat di masyarakat kemudian diterjemahkan Samsung dalam membuat inovasi mesin cuci penyaring mikroplastik. Fitur penyaring mikroplastik tersebut akan hadir dalam beberapa model baru mesin cuci Samsung yang diluncurkan tahun ini.

Menurut keterangan samsung.com, teknologi pendeteksi dan penyaring mikroplastik di mesin cuci Samsung diklaim akan bisa mereduksi kandungan mikroplastik pada pakaian hingga 54%. Teknologi itu disebut Samsung akan menunjang hidup sehat konsumen, khususnya bagi yang memiliki anak karena anak-anak menjadi yang paling berisiko terpapar mikroplastik lewat kebiasaan memasukkan pakaian yang digunakan di dalam mulut.

 

4. Mobil Terbang Aska A5

AFP/PATRICK T. FALLON

Sampai saat ini keberadaan mobil terbang masih hanya sebatas fantasi. Namun, tak lama lagi kehadiran mobil terbang akan terealisasi di kehidupan nyata.

Dalam CES 2023, perusahaan teknologi asal California, AS, Aska Aerospace, memamerkan inovasi terbaru mereka, yakni mobil terbang Aska A5. Dari segi tampilan, Aska A5 memiliki rangka yang menyerupai kombinasi mobil SUV dan helikopter.

Mobil tersebut dapat terbang pada ketinggian hingga 400 meter di atas permukaan tanah. Kecepatannya bisa mencapai 75 mil per jam (mph) ketika berjalan di permukaan dan 150 mph ketika terbang. Aska A5 juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan sensor penunjang keamanan, di antaranya, sensor dan kamera dengan visibilitas 360 derajat. Ada juga fitur cadangan daya untuk mencegah habisnya daya ketika terbang.

Aska A5, seperti dilansir cnet.com, dapat menampung hingga empat orang. Rencananya mobil terbang tersebut akan mulai dipasarkan pada 2026. Harga resmi mobil ini belum diumumkan, tetapi peminatnya akan dikenai biaya prapesan Rp70 juta.

 

5. Ring Car Cam

Dok.  RING

Amazon merilis teknologi kamera pemantau keamanan terbaru mereka dalam CES 2023. Kali ini bukan untuk kebutuhan keamanan rumah, melainkan untuk kendaraan. Kamera canggih bernama Ring Car Cam tersebut memiliki kemampuan mendeteksi gerakan dan aktivitas mencurigakan di sekitar dan di dalam kendaraan.

Terdapat dua kamera yang terhubung dalam satu perangkat Ring Car Cam. Kamera pertama bertugas memantau kondisi dalam kendaraan, kamera lainnya memantau bagian luar kendaraan. Selain itu, terdapat microphone dan speaker. Dengan begitu, pengguna kendaraan dapat mendengar suara yang muncul pada kendaraannya dan dapat berbicara secara langsung dari jarak jauh.

Setiap aktivitas yang terpantau Ring Car Cam dapat dipantau secara langsung dari jarak jauh melalui perangkat gawai atau komputer pemilik kendaraan. Selain memantau secara langsung, Ring Car Cam juga dapat merekam aktivitas pemantauannya.

Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur AI dari Amazon. Dengan semua kecanggihannya, pemilik kendaraan dapat menghindari potensi terjadinya pencurian dan pembobolan ketika kendaraannya terparkir jauh. Ring Car Cam akan dijual sekitar Rp4,5 juta.

 

6. E-corner Hyundai

Dok. HYUNDAI

Meski tak menghadirkan mobil listrik canggih terbarunya, dalam CES 2023, Hyundai memamerkan prototipe terbaru dari teknologi e-corner mereka. E-corner ialah teknologi pengontrol roda kendaraan listrik canggih yang dikembangkan Hyundai sejak 2018.

Saat ini konsep e-corner tersebut sudah semakin matang. Teknologi e-corner tersebut akan memungkinkan roda kendaraan listrik Hyundai memutar hingga 360 derajat. Dengan begitu, kendaraan dapat bergerak miring atau bergerak horizontal hingga 90 derajat.

Teknologi tersebut akan bermanfaat untuk memudahkan mobilitas mobil. Di antaranya untuk memudahkan gerak kendaraan yang akan atau keluar dari tempat parkir paralel. Keunikan teknologi tersebut membuat banyak yang menyebutnya sebagai teknologi mobil kepiting.

 

7. Robot Anjing Dog-E

AFP/PATRICK T. FALLON

Robot hewan peliharaan memang bukan hal baru di dunia robotik. Namun, kali ini perusahaan teknologi asal Kanada, WowWee, membuat robot menyerupai anjing dengan berbagai kepribadian. Robot bernama Dog-E tersebut memiliki ketinggian bak anjing dengan ukuran tinggi sekitar 30 cm.

Pemiliknya dapat mengatur robot tersebut untuk memiliki kepribadian yang mereka inginkan. Misalnya, penyayang, gemar bermain, penyendiri, dan lainnya. Kepribadian robot Dog-E dapat diatur melalui aplikasi di gawai atau komputer yang terhubung dengan setiap robot.

Dog-E disebutkan dapat menjadi jawaban bagi setiap orang yang ingin merasakan memiliki hewan peliharaan, tetapi enggan repot dengan berbagai kebutuhannya. Robot ini akan dijual dengan harga relatif terjangkau, sekitar Rp1,5 juta. (M-2)

Baca Juga

DOK pribadi.

Inovasi Digital Airin Perkuat Ekosistem Logistik Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:45 WIB
Airin menawarkan sejumlah keunggulan dalam aplikasinya, antara lain fitur vessel tracking tanpa...
ANTARA

Kemenkominfo Gelar OOTD demi Indonesia Cakap Digital

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 16:07 WIB
Literasi digital sangat penting karena Indonesia negara yang besar dengan masyarakat yang sangat banyak dan memiliki ratusan juta pengguna...
Ist

Dukung Perluasan Digitalisasi di Tanah Air, APJII dan AFPI Jalin Kerja Sama

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 14:47 WIB
"Saat ini sektor yang digeluti APJII dan AFPI terus mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Saat ini pertumbuhan akan internet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya