Sabtu 23 Oktober 2021, 22:09 WIB

Teknologi Kripto dalam NFT Perlu Dukungan Ekstra untuk Majukan Karya Seni 

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Teknologi Kripto dalam NFT Perlu Dukungan Ekstra untuk Majukan Karya Seni 

Dok. SuperlativeSS
ilustrasi NFT

 

ASET digital dalam bentuk rangkaian karakter Non-Fungible Token (NFT) makin populer di Indonesia. Tidak hanya memberi cara baru menikmati karya seni, tapi NFT juga dipandang mampu jadi alternatif untuk investasi. 

NFT merupakan teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan hak kepemilikan seseorang atas suatu karya digital seperti gambar, musik atau video. Kode dan metadata unik dalam NFT memudahkan seniman atau kolektor untuk memastikan keaslian karya digital tersebut. 

Meski demikian, inisiator Superlative Secret Society (SuperlativeSS) Prasetyo Budiman menyebutkan, kondisi pasar NFT di Indonesia masih sangat rentan. Dengan demikian perlu dukungan dari seluruh stakeholder demi memastikan masa depan yang cerah bagi seniman, kolektor dan investor NFT di Indonesia. 

Dukungan tersebut, menurut Prasdiman-sapaannya, sedikitnya diperlukan dari komunitas seniman dan kolektor selaku penikmat NFT serta pemerintah pusat selaku regulator. 

“Dari pemerintah, di awal ini kita perlu dibantu mensosialisasikan NFT ke masyarakat. Kalau seniman harus aktif berkarya dan kolektor minimal rutin ikut event yang digelar komunitas,” kata Prasdiman dalam keterangannya 

SuperlativeSS sendiri merupakan tim pengelola NFT asli Indonesia yang berdiri sejak Juli 2021. Keempat personelnya adalah Prasetyo Budiman selaku inisiator, Arief Witjaksana selaku seniman, Fatih Rifqi sebagai pengembang teknologi dan Adam Adha sebagai community manager. Salah satu karya mereka, Superlative Secret Society, sudah 2 kali menjadi trending topic dunia dalam satu bulan terakhir di opensea.io. 

Prasdiman percaya NFT memiliki potensi yang besar di Indonesia, namun perkembangannya relatif lambat karena kurang mendapat sorotan. “Padahal, kami percaya NFT bisa mengubah dunia,” tukasnya. 

Baca juga : Fintech Bertumbuh, Universitas Mulai Tawarkan Program Sesuai Kebutuhan

Menurut dia, kontribusi terpenting NFT adalah memberi wadah baru bagi seniman untuk berkarya mengikuti perkembangan zaman. Bahkan lebih dari itu, sambungnya, NFT memberi apresiasi yang sangat tinggi pada hasil karya seniman. 

“Saya dari industri kreatif. Jadi saya tahu kalau karya seni selama ini biasa dibayar murah. Nah di NFT, gambar pixel saja bisa dihargai ratusan juta rupiah,” tegasnya. 

Prasdiman menilai bahwa NFT juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan esensial masyarakat yang lain. Misalnya, sebagai ijazah, kartu identitas atau berkas penting lainnya. 

“Karena NFT memiliki kode yang unik, jadi tidak mungkin dipalsukan. Makanya NFT mahal, salah satunya ya karena kelangkaannya ini,” seru Prasdiman. 

Visi SuperlativeSS adalah merombak struktur industri seni di Indonesia sekaligus mendukung seniman-seniman muda di generasi mendatang. Karena itu, Prasdiman berharap, pasar NFT dapat tumbuh dan berkembang dengan subur di Indonesia. 

“Mimpi kami, suatu saat nanti kalau anak kecil ditanya mau jadi apa saat besar, dia akan jawab mau jadi seniman NFT. Atau kalau mau jadi kayak siapa, mau kayak Arief Witjaksana (seniman SuperlativeSS),” pungkasnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Platform Tekfin Gradana dan Alif Jalin Kerja Sama Dukung Program Haji Muda 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 20:18 WIB
Dengan kolaborasi antara Gradana dan Alif, masyarakat dapat melakukan pengajuan fasilitas PPH AlHajj secara...
dok.tangkapan layar

Sinergi Membangun Ekonomi Kreatif Berbasis Digital StartUp

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:44 WIB
TRANSFORMASI perkembangan teknologi informasi menuntut sumber daya manusia yang siap dan mau mengubah...
Dok. Lintasarta

Fokus Bantu Transformasi Digital, Lintasarta Siapkan Berbagai Inovasi Teknologi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 23:34 WIB
Lintasarta telah memiliki lebih dari 2.400 pelanggan yang terdiri dari berbagai industri seperti perbankan, manufaktur, healthcare,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya