Rabu 16 Juni 2021, 17:09 WIB

Beasiswa Pemograman Android Developer Diminati

Mediaindonesia.com | Teknologi
Beasiswa Pemograman Android Developer Diminati

DOK Pribadi.
.

SEIRING dengan perkembangan teknologi dan ekonomi digital, banyak pelajar yang berminat terhadap pengembangan kemampuan sesuai kebutuhan hal tersebut. Salah satu pendidikan yang diminati yaitu pemograman untuk Android Developer dan Front-End Web Developer.

Hal itu tampak dari 17.216 pendaftar yang mengikuti program beasiswa Lintasarta Digischool 2021 sejak pendaftaran dibuka pada 5 April. Sebelumnya program CSR Beasiswa Lintasarta Digischool perdana dilaksanakan pada 2020 dengan memberikan pendidikan digital beasiswa pemograman untuk Android Developer dan Front-End Web Developer kepada pelajar/lulusan SMK secara gratis. Karena terbilang sukses, program beasiswa itu dilanjutkan.

Bertepatan dengan perayaan HUT Lintasarta ke-33, angka partisipan kembali melebihi target Lintasarta sebanyak 3.300 penerima beasiswa kelas pemula dengan peminatan atau modul Machine Learning Developer dan Back-End Developer.

 "Program Beasiswa Lintasarta Digischool merupakan bagian dari kegiatan CSR Lintasarta di Pilar Pintar untuk mendukung generasi muda yang begitu antusias mengembangkan kemampuan di bidang digital dan mendukung pemerintah dalam percepatan ekonomi digital di Indonesia. Lebih spesifik, di tahun kedua Program Beasiswa Lintasarta Digischool ini juga ditargetkan diikuti masyarakat yang terdampak covid-19,” kata President Director Lintasarta, Arya Damar, dalam keterangan resmi, Rabu (16/6).

Bagi peserta dengan status progres, rating terbaik, dan terdampak covid-19 secara langsung maupun tidak langsung akan diprioritaskan mendapatkan beasiswa lanjutan ke kelas menengah dan expert sesuai dengan peminatan awal yang telah dipilih oleh masing-masing peserta.

Sebagaimana diketahui, tahun sebelumnya pelaksanaan Lintasarta Digischool hanya ditujukan untuk pelajar/ lulusan SMK dengan batas usia maksimal 29 tahun. Tahun ini program dibuka untuk umum yang berasal dari semua latar belakang pendidikan apapun dengan batasan usia maksimal 34 tahun.

"Penetapan usia tersebut dirasa masih dalam kategori generasi muda dan kelompok usia pekerja awal. Sebagai dampaknya peminat program beasiswa Lintasarta Digischool 2021 melonjak signifikan hampir tiga kali lipat dari total peminat di tahun lalu," ujarnya.

Modul beasiswa yang diberikan tahun ini yaitu Machine Learning dan Back-End. Ini merupakan modul yang paling diminati untuk menjadi seorang artificial intelligence specialist dan back-end developer. Profesi tersebut paling dicari di Indonesia berdasarkan laporan 2020 Emerging Jobs Report Indonesia yang dirilis oleh LinkedIn.

Lintasarta kembali menggandeng Dicoding sebagai partner penyedia modul beasiswa. Pembelajaran dilakukan secara online sehingga memberikan keleluasaan bagi para peserta untuk menyelesaikan semua materi pembelajaran kapan pun dan di mana pun dengan batas waktu penyelesaian materi di kelas pemula hingga 31 Mei 2021.

Pada 4 Juni 2021, Lintasarta dan Dicoding telah merilis daftar 550 orang yang berhasil mendapatkan beasiswa pembelajaran kelas lanjutan pada program ini yang terdiri dari 250 orang untuk kelas menengah machine learning developer dan 300 orang untuk kelas menengah back-end developer.

"Harapannya 550 orang tersebut dapat menyelesaikan pembelajarannya sebelum 31 Agustus 2021 dengan hasil yang memuaskan dengan bimbingan 22 fasilitator online yang disediakan oleh Dicoding. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi pribadi peserta untuk siap terjun di dunia kerja maupun berwirausaha sesuai dengan tujuan awal dari program ini mencetak generasi muda yang melek teknologi sekaligus mendukung cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," jelasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok Nokia

Nokia 5.4 Dinobatkan Sebagai Most Secure Android Smartphone

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 08:56 WIB
"Kami mengakui seluruh smartphone Nokia menyertakan pembaruan security patch secara berkala, yang membuat para penggunanya terbebas...
MI/Dok IOC

Snapchat Hadirkan Fitur Khusus Olimpiade

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 06:15 WIB
Selain lensa baru, Snapchatters juga dapat menonton berbagai sorotan dari pertandingan yang ada di Best of Olympics, yang tersedia dalam...
Tangkapan layar raker Ikatan Auditor Teknologi Indonesia

Sistem Digitalisasi Saat Pandemi Jadi Tantangan Auditor Teknologi

👤Siswantini Suryandari 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 15:55 WIB
Pandemi telah mempercepat contactless system dalam sistem perindustrian dan perdagangan.Hal ini menjadi tantangan bagi auditor teknologi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya