Kamis 27 Januari 2022, 09:20 WIB

Mesir Lolos Ke Perempat Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Mesir Lolos Ke Perempat Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti

AFP
Timnas Mesir di Piala Afrika 2021

 

TIM Nasional (Timnas) Mesir berhasil mengamankan satu tempat di perempat final Piala Afrika 2021, usai merebut kemenangan atas Pantai Gading 5-4 dalam drama adu penalti, Kamis (25/1).

Bintang Liverpool Mohamed Salah sukses menjalankan tugasnya sebagai salah satu algojo adu penalti yang menentukan untuk Mesir, sebaliknya Eric Bailly dari Pantai Gading menjadi satu-satunya pemain yang gagal dalam adu penalti dalam pertandingan yang digelar di Douala Stadium, Kamerun.

Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit dalam laga 16 besar. Ini menjadi pertemuan kesebelas antara Mesir vs Pantai Gading dalam Piala Afrika, dan kemenangan ini memperpanjang catatan positif Mesir atas Pantai Gading di mana Mesir hanya satu kali kalah dari tim berjuluk The Elephants itu.

"Kadang-kadang penalti adalah lotere dan memang begitu, tapi hari ini saya pikir tim terbaik di lapangan diberi hadiah penalti di akhir. Hari ini adalah hari kami," kata pelatih Mesir Carlos Queiroz dikutip dari AFP, Kamis (25/1).

Dalam pertandingan Mesir lebih banyak menciptakan peluang, tetapi buruk dalam penyelesaian akhir memaksa mereka menyelesaikan pertandingan lewat adu penalti. Kemenangan ini mengingatkan kembali pada pertandingan Final Piala Afrika 2006, di mana saat itu Mesir meraih gelar juara setelah mengalahkan Pantai Gading dalam adu penalti 4-2.

Tim asuhan Carlos Queiroz itu lolos ke perempat final dengan hanya mencetak dua gol dalam empat pertandingan mereka di Kamerun sejauh ini.

Gagal merebut gelar juara Piala Afrika ketiga kalinya untuk Pantai Gading, Pelatih Patrice Beaumell mengatakan dirinya tidak ingin menyalahakan para pemain atas kekalahan ini.

"Saya tidak bisa menyalahkan para pemain atas kekalahan ini. Kekalahan ini bukan karena mereka melewatkan setiap penalti. Itu hanya diputuskan dengan kekalahan tipis," sebut Beaumell .

Melaju ke babak perempat final, adapun juara Piala Afrika 7 kali Mesir selanjutnya akan menghadapi Maroko di babak delapan besar, dengan pertandingan yang dijadwalkan akan digelar di Stadion Ahmdou Ahidjo, pada Minggu (30/1) WIB. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Menang Adu Penalti, Guinea Ekuatorial Melaju ke Perempat Final Piala Afrika

Baca Juga

AFP/Oli SCARFF

Arteta Kecewa Arsenal Terancam Gagal ke Liga Champions

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:00 WIB
Arsenal sudah lima musim tidak berkompetisi di Liga...
AFP/MARCO BERTORELLO

Pamit dari Juventus, Tangis Dybala Pecah 

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:46 WIB
Selama berseragam Juventus, Dybala menorehkan 115 gol. Dia turut memenangi lima gelar Serie A dan empat trofi Coppa...
AFP/Glyn KIRK

Kecewa karena Kekalahan Arsenal, Xhaka Kritik Rekan Setimnya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:45 WIB
"Sulit mencari kata-kata yang tepat. Dari menit pertama hingga ke-90, kami tidak pantas berada di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya