Rabu 26 Januari 2022, 14:34 WIB

Shin Tae-yong Pantang Remehkan Timor Leste

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Shin Tae-yong Pantang Remehkan Timor Leste

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan instruksi saat memimpin latihan Timnas Indonesia di Lapangan Trisakti, Bali

 

TIM Nasional Indonesia siap melakoni laga bertajuk FIFA Matchday melawan Timor Leste, Kamis (27/1), demi mendongkrak rangking Indonesia di peringkat FIFA. Para pemain diharapkan bisa mengeluarkan penampilan terbaiknya karena akan diproyeksikan untuk Piala AFF U-23.

Bermain di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, para pemain meyakini bisa meraih poin penuh di laga uji coba yang akan digelar dua kali pertandingan itu.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku belum pernah menyaksikan secara langsung permainan Timor Leste. Namun, ia sudah meninjau melalui rekaman video.

Menurutnya, para pemain Timor Leste memiliki kualitas yang cukup baik. Maka dari itu, ia tidak ingin memandang sebelah mata sang lawan.

“Jujur, saya belum pernah nonton langsung permainan Timor Leste. Tetapi, saya sudah melihatnya melalui rekaman video pertandingan mereka. Menurut saya, pemain Timor Leste cukup baik, segi passing dan mobilitas mereka juga baik,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Rabu (26/1).

Di peringkat FIFA, Indonesia kini bertengger di peringkat ke-164 sementara Timor Leste ada di urutan ke-196, membuat tim Merah-Putih berada di atas angin. Kemenangan ini akan membantu kedua tim memperbaiki peringkat FIFA

"Kami tidak akan lengah. Kami akan tetap menunjukan (penampilan) sebaik mungkin agar mendapat hasil yang kita inginnkan,” ujar Shin.

Baca juga: Shin Tae-yong Jadi Bintang Iklan Produk Kopi

Saat ini terdapat 26 pemain yang bergabung dalam pelatnas Timnas Indonesia. Hampir seluruh pemain berada dalam kondisi baik, hanya Pratama Arhan yang mengalami cedera otot.

Pelatih fisik Timnas Indonesia Shin Sang-gyu menyebut kondisi Arhan sudah membaik namun diragukan bisa tampil. Ia mengatakan, kondisi fisik pemain yang mayoritas berlaga di Piala AFF 2020 itu sempat mengalami penurunan sejak kembali ke Tanah Air. Namun, ia menegaskan pemain siap melawan Timor Leste.

"Tetapi kita sesuai dengan tanggal pertandingan 27 sama 30. Kita sudah conditioning training jadi untuk pertandingan 27 dan 30 tidak masalah," terang Sang-gyu.

Secara head-to-head, Indonesia selalu menang dalam empat pertemuan kontra tim berjuluk The Rising Sun itu. Skuad Garuda bahkan dapat mencetak 14 gol dan hanya sekali kebobolan dalam empat laga tersebut.

Sementara itu, pemain yang baru dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk bergabung, Marselino Ferdinan, mengingatkan rekan setimnya tetap harus waspada dengan kekuatan Timor Leste. Ia tak ingin para pemain timnas Indonesia memandang remeh lawannya tersebut.

"Semoga kami menjadi yang terbaik di dua laga. Timor Leste tim yang agresif, karena dihuni pemain-pemain muda yang ngeyel dan ngotot," kata Marselino.

Ia mengatakan, pemusatan latihan (TC) di Bali yang digelar sejak 20 Januari 2022 berjalan lancar. Pemain dapat memahami instruksi pelatih Shin Tae-yong untuk laga melawan Timor Leste.

"Selama ini adaptasi baik dan sudah kenal juga dengan senior-senior. Mereka merangkul pemain muda," kata pemain Persebaya Surabaya itu.

Pelatih timnas Timor Leste Fabio Magro membawa pemain U-23 sebagai ajang persiapan menatap Piala AFF U-23 2022. Ia mengakui laga ini akan sulit untuk anak asuhnya, apalagi dari sisi peringkat Indonesia lebih unggul.

Namun, ia mengatakan apa pun masih bisa terjadi asal performa anak asuhnya sesuai harapan.

"Dalam sepak bola, apa saja bisa terjadi. Apa yang saya harapkan besok adalah laga bagus. Saya tahu kualitas Indonesia, mereka punya kualitas bagus. Hasil besok tak bisa ditebak, apapun bisa terjadi," ujarnya.

Ia lebih fokus ke permainan anak asuhnya ketimbang skor akhir laga. Untuk itu, ia menekankan pemainnya untuk tampil maksimal di laga nanti.

"Terkadang, dalam proses mengembangkan pemain muda, saya ingin melihat progres para pemain. Walaupun besok kami kalah tetapi saya melihat kemajuan dan melihat mereka bermain bagus, saya akan lebih senang ketimbang bermain buruk tetapi menang," ungkapnya.

Setelah 27 Januari 2022, Indonesia dan Timor Leste akan kembali bertemu di tempat sama pada 30 Januari 2022.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Hafidz Mubarak A

Saran Ozil Untuk Sepak Bola Indonesia

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:33 WIB
PEMERINTAH Indonesia dan PSSI harus berani melakukan investasi besar di sektor infrastuktur dan akademi pemain muda untuk kemajuan dunia...
Dok PSSI

Timnas U-19 Bersiap Ikuti Turnamen di Prancis

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:36 WIB
Keikutsertaan pada turnamen itu menjadi bagian persiapan Piala Dunia U-20 pada 2023...
Glyn KIRK / AFP

Era Boehly Datang, Chelsea akan Bangun Kembali Skuad

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:21 WIB
Era baru Chelsea setelah Roman Abramovich akan segera dimulai. Pemerintah Inggris dan Liga Primer akhirnya menyetujui penawaran oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya