Senin 24 Januari 2022, 04:14 WIB

Menang Adu Penalti Atas Gabon, Burkina Faso ke Perempat Final Piala Afrika

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Menang Adu Penalti Atas Gabon, Burkina Faso ke Perempat Final Piala Afrika

AFP/ Issouf SANOGO
Para pemain Burkina Faso melakukan selebrasi usai memastikan diri lolos ke perempat final Piala Afrika dengan mengalahkan Gabon.

 

BURKINA Faso menyisihkan Gabon dari babak 16 besar Piala Afrika 2021 lewat drama adu penalti yang berkedudukan akhir 7-6 setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di Stadion Limbe, Kamerun, Senin (24/1) dini hari WIB.

Pertandingan lebih dulu diwarnai hujan lima kartu kuning --dua untuk Burkina Faso dan tiga bagi Gabon-- sebelum gol pertama lahir pada menit ke-28 dicetak oleh Bertrand Traore.

Penyerang Aston Villa tersebut menuntaskan gelombang serangan balik Burkina Faso dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti memanfaatkan umpan terobosan Dango Outtara demi menaklukkan kiper Jean Amonome.

Baca juga: Aljazair Tersingkir dari Piala Afrika, Mahrez Jadi Sasaran Kritik

Keunggulan tersebut bertahan hingga turun minum dan pada menit ke-67 Burkina Faso mendapat keuntungan besar setelah Sidney Obissa menerima kartu kuning kedua, memaksa Gabon melanjutkan pertandingan hanya dengan sepuluh pemain.

Bukannya memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain untuk menjaga atau memperlebar marjin keunggulan, Burkina Faso malah kecolongan semenit memasuki injury time kala gagal mengantisipasi situasi sepak pojok Gabon.

Bola tandukan Bruno Ecuele Manga menyambut umpan silang Denis Bouanga berakhir menjadi gol bunuh diri yang dicetak Adama Guira dan menguapkan kemenangan yang sudah di depan mata Burkina Faso.

Skor 1-1 bertahan hingga bubaran waktu normal memaksa laga dilanjutkan dengan babak tambahan 2x15 menit, dengan Burkina Faso beberapa kali hampir mengunci kemenangan namun tembakan-tembakan Mohamed Konate dan Ismahila Ouedraogo masih bisa digagalkan Amonome.

Pemenang harus ditentukan lewat adu penalti dengan algojo keempat dan kedelapan kedua tim sama-sama gagal menyarangkan bola ke dalam gawang.

Tiba giliran Lloyd Palon bertugas menjadi algojo tendangan penalti kesembilan Gabon dan bek Bastia itu mendapati eksekusinya membentur mistar gawang.

Kesempatan mengunci tiket perempat final tidak disia-siakan Ouradogo yang yang sukses mengonversi tendangan penalti kesembilan Burkina Faso demi mengantarkan negaranya menang 7-6.

Di babak perempat final, Burkina Faso akan menanti pemenang laga antara Nigeria kontra Tunisia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/JAVIER SORIANO

Spanyol Menyerah Saat Menjamu Swiss

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 07:25 WIB
Ini merupakan kekalahan pertama Spanyol di grup dan membuat mereka turun ke posisi kedua klasemen dengan 8...
AFP/Michal Cizek

Dalot Cetak Dua Gol, Portugal Hajar Rep Ceko

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 07:19 WIB
Diogo Dalot memborong dua gol dalam pertandingan itu. Sementara dua gol lainnya dicetak Bruno Fernandes dan Diogo...
ANTARA/ Fakhri Hermansyah

Shin Tae-yong Senang Skuatnya Tampilkan Mental Berani Kontra Curacao

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 25 September 2022, 06:15 WIB
Pelatih Shin Tae-yong senang anak-anak asuhannya tidak gentar dan mampu memetik kemenangan 3-2 meski secara peringkat Indonesia jauh di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya