Kamis 26 Agustus 2021, 05:11 WIB

Sheriff Tiraspol Cetak Sejarah di Liga Champions

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Sheriff Tiraspol Cetak Sejarah di Liga Champions

Twitter @gnkdinamo
Laga Liga Champions antara Dinamo Zagreb dan Sheriff Tiraspol

 

SHERIFF Tiraspol menorehkan sejarah menjadi klub Moldova pertama yang lolos ke babak utama Liga Champions, setelah melewati hadangan jawara Kroasia, Dinamo Zagreb.

Bertandang ke markas Dinamo di Stadion Maksimir, Kamis (26/8) dini hari WIB, Sheriff mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0.

Hasil tersebut membuat Sheriff, yang memenangi leg pertama 3-0 pekan lalu, berhak lolos ke babak utama mengikuti jejak klub Swiss Young Boys, Benfica (Portugal), dan Malmo FF (Swedia) yang juga meraih tiket fase grup dari jalur playoff.

Baca juga: Benfica Tegaskan Siap Bersaing di Fase Grup Liga Champions

Memiliki bekal kemenangan 3-0 dari laga leg pertama, Sheriff bermain relatif pragmatis dan membiarkan Dinamo menguasai tidak kurang dari 73% penguasaan bola sepanjang laga.

Pragmatisme Sheriff dibarengi penampilan disiplin lini pertahanan mereka serta aksi heroik kiper Giorgos Athanasiadis, yang membukukan tidak kurang dari tujuh penyelamatan atas 23 percobaan tembakan Dinamo di laga itu.

Sherrif sebetulnya sempat mengancam lebih dulu saat laga baru berusia empat menit melalui sepakan kaki kiri Sebastien Thill menyelesaikan umpan terobosan Henrique Luvannor, namun bola masih membentur tiang gawang.

Sesudahnya, pertandingan nyaris seperti arus lalu lintas satu arah dengan Dinamo berusaha keras menggempur pertahanan tamunya, tetapi peluang awal mereka lewat tembakan Luka Ivanusec bisa diamankan Athanasiadis.

Athanasiadis kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-16 atas sontekan kaki kanan Duje Cop sebelum Sheriff sempat balik mengancam lewat tandukan Thill yang bisa diamankan kiper Dominik Livakovic.

Skor nirgol bertahan hingga turun minum dan Dinamo sesekali mengubah serangan mereka dengan spekulasi jarak jauh di babak kedua termasuk tembakan Mislav Orsic yang masih bisa ditepis Athanasiadis pada menit ke-53.

Hasil sepak pojok serangan tersebut berusaha dioptimalkan Bruno Petkovic, tapi sontekan jarak dekatnya kembali disambut reaksi sigap Athanasiadis.

Hingga peluit tanda laga usai berbunyi, percobaan-percobaan Dinamo tidak kunjung membuahkan hasil, membuat mereka harus rela kembali hanya tampil di fase grup Liga Europa sebagaimana musim lalu saat mencapai perempat final.

Sedangkan Sheriff, yang catatan terbaiknya di Eropa hanyalah fase grup Liga Europa pada 2017/18, akan menjalani debut di fase grup Liga Champions.

Undian grup Liga Champions dijadwalkan berlangsung pada Kamis (26/8) sore nanti di Istanbul, Turki. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Tolak Madrid, Mbappe Pilih Perpanjang Kontrak di PSG

👤Ant 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:47 WIB
Dalam setahun terakhir, Mbappe kerap dikaitkan dengan...
AFP

Ronaldo Terancam Absen di Laga Pamungkas

👤Ant 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:35 WIB
Ronaldo pernah absen pada Januari dan Maret tahun ini karena cedera yang...
Antara/Sigid Kurniawan

Tak Bisa Turunkan Skuad Terbaik, Garuda Muda Tetap Optimistis Tumbangkan Harimau Malaya

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:15 WIB
"Memang situasi seperti ini banyak memengaruhi. Apalagi di awal turnamen kuota 20 pemain tidak bisa terisi. Kami hanya memiliki 18...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya