Jumat 30 Juli 2021, 23:39 WIB

Cegah Kebangkrutan Klub, FIGC Desak Pemerintah Izikan Stadion Penuh Penonton

Ant | Sepak Bola
Cegah Kebangkrutan Klub, FIGC Desak Pemerintah Izikan Stadion Penuh Penonton

AFP
Ilustrasi Serie-A

 

FEDERASI sepak bola Italia (FIGC) mendesak pemerintah setempat untuk mengizinkan stadion diisi penuh oleh penonton untuk membantu kelangsungan industri olahraga mereka di negeri tersebut.

Hal itu disampaikan FIGC dalam surat terbuka mereka kepada Pemerintah Italia pada Jumat, sembari menyatakan bahwa sepak bola Italia tengah dalam bahaya finansial.

"Kami berada di persimpangan jalan. Harus ada langkah cepat untuk mencegah krisis sepak bola profesional yang bisa menghentikan aktivitas klub-klub," kata Presiden FIGC Gabriele Gravina, Jumat (30/7)

Saat ini, pemerintah Italia menerapkan aturan yang hanya mengizinkan stadion-stadion olahraga diisi penonton dengan kehadiran maksimum 50% kapasitas.

Terlebih lagi, hanya para warga yang sudah tervaksinasi diizinkan masuk ke stadion.

Dalam surat terbukanya, FIGC menyoroti dampak keuangan yang sangat dirasakan klub-klub sepak bola sejak peraturan terkait pencegahan COVID-19 mulai diberlakukan kala pandemi mulai melanda awal 2020. Lembaga itu mengklaim bahwa pembatasan telah membahayakan kelangsungan seluruh sektor dan menjadikannya tidak berkelanjutan.

FIGC mengklaim bawah dari setiap euro yang diinvestasikan pemerintah Italia ke sepak bola dalam 13 tahun terakhir, berbuah 17,3 euro sebagai imbalannya, sebab industri itu telah mengumpulkan sekira 14 miliar euro kas pemerintah dalam periode tersebut.

Otoritas sepak bola Italia itu menawarkan sejumlah kebijakan baru termasuk membuka stadion secara penuh untuk pemegang Kartu Hijau, perubahan aturan pajak dan penangguhan larangan sponsor perusahaan taruhan untuk klub.

"Dalam pembicaraan dengan beberapa institusi, kami telah menyoroti bahwa krisis ini hasil aturan darurat kesehatan dan tindakan pembatasan turunannya, yang menimbulkan krisis likuiditas keuangan signifikan di sepak bola profesional," kata Presiden Operator Serie A Paolo Dal Pino.

"Itu semua telah membuat sektor yang banyak membantu berkontribusi terhadap kebangkitan ekonomi dan sosial menjadi bertekuk lutut," tegasnya. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Michael Regan

Patah Kaki, Doucoure Terancam Absen lama

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:15 WIB
Gelandang berusia 28 tahun itu mengalami cedera tersebut saat the Toffees menyerah 0-1 dari West ham United, Minggu...
MI/Dok PSSI

Shin Soroti Masalah Adaptasi dan Pertahanan Timnas U-23 Usai Kalahkan Tajikistan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 10:45 WIB
Timnas U-23 Indonesia kebobolan lebih dulu sebelum akhirnya menang 2-1 melawan...
AFP/Paul ELLIS

68% Pemain Liga Primer Inggris Sudah Divaksin Covid-19 Penuh

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 09:45 WIB
Operator Liga Primer Inggris menyatakan pihaknya terus bekerja sama dengan klub-klub peserta untuk mendorong vaksinasi di antara para...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya