Senin 12 April 2021, 08:01 WIB

Nasdem DIY Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah Sosial

Agus Utantoro | Ramadan
Nasdem DIY Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah Sosial

MI/Agus Utantoro
Ketua DPW NasDem DIY Subardi

DI TENGAH situasi pandemi dan banyaknya kejadian bencana yang melanda pada akhir-akhir ini yang bersamaan waktunya dengan mendekati bulan puasa. DPW Partai NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memperbanyak ibadah sosial.

"Banyak kategori ibadah sosial yang hakikatnya untuk membantu sesama. Misalnya dengan memperbanyak sedekah, saling berbagi, menyantuni anak fakir miskin dan yatim piatu, memberi bantuan pendidikan, menolong para korban bencana, bersikap toleransi, menghormati kemajemukan, dan gotong royong membersihkan tempat ibadah, balai dusun dan lingkungan sekitar," kata Ketua DPW Partai NasDem DIY, Subardi, Minggu (11/4).

Ia juga mengingatkan, ibadah puasa Ramadan tahun ini adalah tahun kedua berpuasa di tengah pandemi. Karena itu ibadah sosial akan semakin berarti bagi masyarakat. Dalam ibadah sosial, katanya, terdapat dimensi kemanusiaan, pengabdian, dan kepedulian.

baca juga: Enam Kiat Sukses Berpuasa

Anggota Komisi VI DPR RI mengemukakan lebih lanjut  banyak perintah agama yang dirangkai dengan ibadah sosial. Ia kemudian menyontohkan, di bulan Ramadan ada kewajiban membayar zakat, perintah haji juga dirangkai dengan perintah berkurban. 

"Agar cara beragama kita tidak eksklusif dan tidak mementingkan diri sendiri. Itulah sebabnya Nabi Muhammad sering membantu masyarakat terutama kaum lemah," jelasnya.

Saat ini dalam rangka semarak bulan Ramadan, Subardi tengah menyiapkan paket bantuan bahan pokok kepada masyarakat. Bantuan sebagai bagian dari ibadah sosial itu akan bagikan kepada mereka masyarakat sekitar. Terutama kelompok paling terdampak pandemi.

"Karena dalam ibadah sosial dapat membantu banyak orang membebaskan kesulitan," tegas Bardi.  (OL-3)


 

Baca Juga

Antara

Ketua DPR: Idulfitri Momentum Perkuat Solidaritas

👤Putra Ananda 🕔Kamis 13 Mei 2021, 13:59 WIB
Apalagi saat pandemi covid-19, menurut Puan penting untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara di sekeliling kita. Terutama mereka yang...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Haedar Nashir: Idul Fitri Momentum Perkuat Simpul Persaudaraan

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 11:12 WIB
Melalui silaturahmi antarsesama muslim dan seluruh komponen bangsa, rasa persaudaraan yang otentik akan tumbuh mekar bila dilandasi dengan...
ANTARA/Makna Zaezar

Merenungkan Kembali Makna Idul Fitri

👤Humaniora 🕔Kamis 13 Mei 2021, 11:00 WIB
Perjuangan melawan nafsu, perjuangan melawan setan pertempuran itu berlanjut tidak ada hentinya kecuali setelah kita...

RENUNGAN RAMADAN

TAFSIR AL-MISHBAH

2021-05-14

JADWAL IMSAKIYAH
Jumat, 14 Mei 2021 / Ramadan 1442 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:31 WIB
Subuh : 04:41 WIB
Terbit : 05:53 WIB
Dzuhur : 11:49 WIB
Ashar : 15:11 WIB
Maghrib : 17:57 WIB
Isya : 18:52 WIB

TAUSIYAH