Kamis 08 April 2021, 20:35 WIB

Izinkan Salat Tarawih, Dewan Masjid Indonesia Apresiasi Pemerintah

Zubaedah Hanum | Ramadan
Izinkan Salat Tarawih, Dewan Masjid Indonesia Apresiasi Pemerintah

Antara
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.

KEPUTUSAN pemerintah untuk mengizinkan pelaksanaan salat tarawih selama bulan Ramadan dan salat Idul Fitri 1442 Hijriah mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla. Namun menurutnya, hal itu tetap harus dilaksanakan dengan pengawasan ketat.

Selain protokol kesehatan ketat, menurut Kalla, perlu juga pengawasan terutama dari sisi kebersihan masjid demi menjaga kesehatan bersama. Oleh karena itu, penjaga masjid atau marbot harus bisa memastikan dan mengawasi pelaksanaan ibadah salat tarawih dan salat Idul Fitri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Pak Menko PMK atas izin untuk melaksanakan ibadah Ramadan. Yang jelas, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini alhamdulillah kita sudah bikin edaran agar betul-betul dilaksanakan secara ketat,” ujar mantan Wakil Presiden yang akrab disapa JK itu dalam rilis yang diterima Media Indonesia, Kamis (8/4).

Hal itu juga yang diucapkan Kalla saat bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Palang Merah Indonesia, Jakarta, Rabu (7/4).

Kalla juga mengatakan bahwa masjid siap menjadi pusat vaksinasi untuk seluruh Indonesia selama Ramadan nanti.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan, pemerintah akan terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan salat tarawih dan salat Idul Fitri. Dalam hal ini, hal yang dinilai paling penting adalah kesadaran masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan yang ketat selama beribadah.

Ia tak bosan mengingatkan kepada para jamaah agar berupaya untuk menghindari kerumunan. Terlebih, saat akan datang menuju tempat ibadah maupun ketika selesai salat berjamaah.

“Begitu juga saat melaksanakan salat  berjamaah diupayakan agar dibuat sesederhana mungkin sehingga waktunya tidak berkepanjangan, tidak terlalu panjang, mengingat dalam kondisi masih darurat ini,” tandasnya. (H-2)

Baca Juga

Dok.MI/Muhammad Zuhair Zahid

Kisah Diaspora Indonesia Jalani Puasa Terlama di Dunia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 16 April 2021, 22:35 WIB
Zuhari yang melanjutkan pendidikan di University Swedia di bidang pendidikan Matematika mengaku tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan...
Antara/M Risyal Hidayat

Ini Ketentuan Beribadah di Masjid Istiqlal Selama Ramadan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 16 April 2021, 21:59 WIB
Tahun ini, sebagian renovasi telah selesai sehingga, area masjid sudah bisa digunakan untuk masyarakat umum yang hendak...
Antara

Allah SWT Menggaransi Pahala Berkali Lipat saat Bersedekah

👤 Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Jumat 16 April 2021, 17:45 WIB
SETIAP umat Islam yang memiliki kelebihan rezeki diperintahkan Allah SWT untuk senantiasa mengeluarkan sedekah, infak zakat atau membagi...

RENUNGAN RAMADAN

TAFSIR AL-MISHBAH

2021-04-17

JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 17 Apr 2021 / Ramadan 1442 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:33 WIB
Subuh : 04:43 WIB
Terbit : 05:53 WIB
Dzuhur : 11:52 WIB
Ashar : 15:12 WIB
Maghrib : 18:04 WIB
Isya : 18:57 WIB

TAUSIYAH