Kamis 26 Januari 2023, 13:48 WIB

AHY: Pertemuan Ketua Umum Demokrat, NasDem, PKS Harus Disegerakan

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
AHY: Pertemuan Ketua Umum Demokrat, NasDem, PKS Harus Disegerakan

MI/Moh Irfan.
Anies Baswedan bersama petinggi parpol dari NasDem, PKS, dan Demokrat.

 

KETUA Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut finalisasi pembentukan Koalisi Perubahan harus segera dilakukan. Hal itu untuk merespons pertanyaan masyarakat yang menanyakan tentang waktu penjajakan kerja sama politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu segera dideklarasikan. 

"Hasil keliling saya ke berbagai daerah, banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan Koalisi Perubahan ini terbentuk?” kata AHY melalui keterangan tertulis, Kamis, 26 Januari 2023. AHY menilai tahapan yang harus segera dilakukan berikutnya ialah menyegerakan pertemuan ketiga ketua umum dari Demokrat, NasDem, dan PKS. 

Ketiga pimpinan partai dinilai harus segera menandatangani nota kesepakatan atau momerandum of understanding (MoU) kerja sama politik agar memenuhi syarat kecukupan presidential threshold 20%. "MoU ini idealnya mengatur komitmen ketiga parpol untuk memperjuangkan harapan rakyat akan perubahan dan perbaikan," ungkap dia.

Baca juga: Sepakat Usung Anies, Demokrat Ajak Nasdem-PKS Bentuk Sekretariat Perubahan

Setelah itu, dilakukan deklarasi resmi ketiga parpol Koalisi Perubahan beserta pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden. Dengan demikian, deklarasi yang dilakukan merupakan paket komplet. "Paket komplet ini satu keharusan agar pasukan Koalisi Perubahan yang dibentuk betul-betul siap tempur untuk memenangkan Pemilu 2024," sebut dia. 

Dia meyakinkan Koalisi Perubahan tak akan masuk angin. Sebab, banyak upaya menggagalkan pembentukan koalisi tersebut. "Insyaallah tidak akan masuk angin oleh infiltrasi pasukan lawan yang menjanjikan berbagai hal, padahal sebenarnya bertujuan memecah belah dan mengadu domba Koalisi Perubahan," ujar dia. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Auditor Sebut Laba Duta Palma Kurang dari Rp2 Triliun Sejak 2004

👤Mediainonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 02:03 WIB
Florus menjabarkan akumulasi keuntungan tersebut, yakni Rp 1,3 triliun muncul dari sisi laporan laba...
Antara/Sigid Kurniawan.

Survei: 65% Pemilih PKS Pilih Anies Baswedan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:58 WIB
Salah satu yang diulas yakni kecenderungan pemilih Partai Keadilan Sejahtera...
Antara

Jelang Pemilu 2024, Polri: Terorisme Masih Jadi AncamanĀ 

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:41 WIB
Polri melalui Densus 88 Antiteror terus melakukan upaya preventive strike, yang bertujuan mencegah tindak pidana terorisme saat pesta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya