Jumat 13 Januari 2023, 14:03 WIB

Ma'ruf Amin Masih Punya Pengaruh Besar di Pilpres 2024

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ma

MI/Adam Dwi Putra
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

PEMILIHAN presiden (Pilpres) 2024 diprediksi akan berlangsung sengit. Selain sosok calon, tokoh-tokoh yang ada di belakang mereka juga diyakini akan berkontribusi besar pada kemenangan pasangan calon yang bertarung.

Saat ini, ada sejumlah tokoh yang diklaim punya pengaruh besar di Pilpres mendatang. Termasuk Presiden Joko Widodo, ketua umum partai politik, dan tentu saja Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin.

Sosok KH Ma’ruf Amin dianggap masih punya pengaruh besar di Pilpres 2024 karena statusnya. Bukan hanya calon presiden, tapi statusnya sebagai ulama yang pernah menduduki jabatan sebagai Rais 'Aam Nahdlatul Ulama (NU) dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Di Pilpres 2019, suara dari NU oleh banyak lembaga survei dianggap menjadi penentu kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf. Dan suka tidak suka, ada kontribusi besar dari seorang Ma’ruf Amin.

Terlepas bahwa Ma’ruf Amin kemungkinan besar tidak lagi bertarung sebagai kontestan, pengaruhnya jelas masih sangat signifikan dan bisa ikut menentukan di Pilpres mendatang.

Ma’ruf Amin,sejak dulu, dikenal sebagai salah satu ulama yang bijaksana dan sangat dihormati umat Islam di seluruh Tanah Air. Dengan penduduk Indonesia adalah mayoritas Muslim, Ma’ruf tentu bisa mengambil peran besar.

Sebagai keturunan dari ulama besar, Syekh Nawawi Al Bantani, pendiri Ponpes An Nawawi Tanara itu juga menikmati privilege atau hak istimewa di tengah lingkungan ulama di Indonesia. Dia juga berpengaruh besar pada kalangan santri dan pesantren.

Statusnya sebagai Kiai membuat Ma'ruf Amin memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat. Kiai juga pada umumnya memiliki banyak jamaah sebagai pengikut yang sangat loyal dan nasihat atau bahkan arahannya selalu diikuti.

Kekuatan kharisma sebagai Kiai yang dihormati, punya kedudukan istimewa, dan statusnya sebagai Wapres jelas akan membuat Ma’ruf salah satu tokoh yang memiliki kekuatan mengarahkan pemilih. 

Rekam jejak dan pengalaman lengkap yang dipunya profesor Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah itu juga menjadi nilai plus. 

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, Wapres Ma'ruf Amin memang masih memiliki pengaruh besar dalam peta perpolitikan nasional, seperti yang terjadi pada Pilpres 2019 . Khususnya kalau dia tetap “bergandengan” dengan NU.

“Kita lihat saja nanti kalau NU sepaham dengan Pak Kiai Ma’ruf maka akan punya pengaruh besar,” kata akademisi Universitas Al-Azhar Jakarta itu. (RO/OL-1)

Baca Juga

MI/Moh Irfan.

Istana Benarkan Jokowi Bertemu Surya Paloh

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:52 WIB
Kabar pertemuan itu juga dikonfirmasi oleh beberapa petinggi partai NasDem, salah satunya Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad...
MI/Moh Irfan.

Demokrat Legawa Anies Baswedan Pilih Sendiri Bakal Calon Wakil Presiden

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:24 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dipersilakan memilih calon pendamping...
ANTARA FOTO/Fauzan

JPU Nilai Pledoi Ricky Rizal tak Berdasarkan Hukum

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:23 WIB
Jaksa meminta majelis menolak pembelaan yang dikemukakan oleh Ricky Rizal dan menjatuhkan putusan sebagaimana yang telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya