Minggu 01 Januari 2023, 23:10 WIB

Pemilu Serentak 2024 Lebih Partisipatif

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Pemilu Serentak 2024 Lebih Partisipatif

ANTARA
Komisi Pemilihan Umum RI

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan Pemilu serentak 2024 lebih partisipatif. Komisioner KPU RI Idham Holik membeberkan dalam proses pendaftaran parpol, KPU memberi ruang bagi masyarakat atau pemilih untuk mengecek status keanggotaan parpolnya melalui website info pemilu.

"KPU juga memberi ruang untuk mengadukan bagi mereka yang namanya tanpa sepengatuhan dirinya diterbitkan menjadi anggota parpol," ujar Idham, Minggu (1/1).

Hal itu diatur di dalam Pasal 140 PKPU No 4 Tahun 2022. Hal yang demikian juga diberlakukan dalam penataan daerah pemilihan.

Menurutnya, masyarakat atau pemilih tidak hanya dapat terlibat memberikan masukan terhadap rancangan daerah pemilihan untuk pemilu anggota DPRD kabupanten dan kota. Lebih dari itu, Idham menerangkan masyarakat boleh memberi masukan dan tanggapan terhadap rancangan dapil pemilu anggota DPR dan DPD. "Karena hal ini merupakan hal baru sejak pemilu 2009," tutur Idham.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan pemilu 2024, berdasarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2022, maka KPU menyelenggarakan pemilu di empat DOB Papua. "Ini berimplikasi pada jumlah kursi anggota DPR RI, yanf dahulu hanya berjumlah 575 sekarang secara akumulaitf menjadi 580 kursi," ujarnya. 

"Begitu juga untuk DPD bertambah jumlah kursi, bertambah 16 yang bersumber dari empat provinsi DOB Papua, masing-masing 4 orang di setiap Provinsi," tambahnya.

Terkait persiapan infrastuktur, keamanan hingga SDM dan sosialisasi di DOB Papua, Idham mengaku KPU RI sudah membentuk kantor di empat DOB Papua. "Sekretariat Jenderal KPU RI  juga sudah bentuk Sekretariat KPU provinsi di wilayah DOB," ucapnya.

Intinya, kata Idham, tahapan penyelenggara pemilu di DOB Papua berjalan secara normal sebagaimana di 34 provinsi lainnya. KPU, lanjut Idham, bakal menempatkan SDM-SDM yang terampil, profesional, dan berintegritas, sehingga tahapan penyelenggara di empat DOB Palua berjalan normal sebagaimana di provinsi lain.

Terkait keamanan, Idham mengeklaim KPU RI akan memastikan tahapan pemilu di empar DOB berjalan normal karena dalam situasi yang aman. Apalagi KPU telah memperbaharui kerja sama dengan Polri, pada 30 Desember 2022 silam. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Pengamat: Memiliki Sifat Egaliter, Erick Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 10:00 WIB
Dengan sifat yang egaliter yang tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, menurut Sukri, membuat Erick sangat mudah diterima oleh seluruh...
MI/Duta

Presiden: NU Sudah Beri Warna yang Luar Biasa

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:56 WIB
NU telah menunjukkan bahwa ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an bisa berjalan beriringan, bisa menjadi satu kesatuan, rukun dalam...
Ist/DPR

Komisi I DPR Apresiasi Kesiapan Provinsi Jatim dalam Program Satu Data Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:28 WIB
Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan perlindungan data yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya