Senin 21 November 2022, 18:49 WIB

ICRC dan TNI Gelar Lokakarya tentang Hukum Konflik Bersenjata

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
ICRC dan TNI Gelar Lokakarya tentang Hukum Konflik Bersenjata

DOK Pribadi.
Gilles Carbonnier, Wakil Presiden ICRC, dan Panglima TNI yang diwakili oleh Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, Panglima Kodam IX/Udayana.

 

KOMITE Internasional Palang Merah (ICRC) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi tuan rumah Senior Workshop on International Rules governing Military Operations (SWIRMO) atau Lokakarya Senior tentang Aturan-Aturan Internasional yang Mengatur Operasi Militer, di Bali, pada 20-26 November 2022. Kegiatan ini dibuka oleh Gilles Carbonnier, Wakil Presiden ICRC, dan Panglima TNI yang diwakili oleh Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, Panglima Kodam IX/Udayana.

Selama satu minggu, lebih dari 130 perwira militer senior dari sekitar 85 negara berkesempatan untuk bertukar pengalaman dan pandangan tentang penerapan hukum konflik bersenjata dan hukum hak asasi manusia dalam konteks operasional serta kerangka hukum internasional yang berlaku pada operasi militer modern. Materi yang dibahas selama SWIRMO meliputi perang kota, kerja sama operasi militer dan tanggungjawab komando. Dengan menyatukan para perwira militer dari seluruh dunia, SWIRMO bertujuan menunjukkan bahwa hukum memperbolehkan penggunaan kekuatan bersenjata dalam konflik dan memberikan panduan bagi personel pada semua level dalam semua situasi. 

"Saat ini kita menyaksikan situasi konflik bersenjata dan kekerasan yang menjadi semakin kompleks dan berlarut-larut dengan dampak kemanusiaan yang sangat besar," kata Carbonnier. "SWIRMO menyediakan platform unik untuk mempromosikan hukum humaniter internasional dan bagi para peserta untuk berbagi praktik yang baik untuk memastikan penghormatan terhadap hukum selama operasi militer dan meminimalkan dampak kemanusiaan dari konflik."

Mayjen Sonny Aprianto menyatakan, "Pada kesempatan ini saya ikut bangga, karena dapat menjadi bagian dalam penyelenggaraan event internasional di bidang hukum humaniter. Kegiatan SWIRMO yang diselenggarakan di Bali selama satu minggu ke depan diharapkan dapat memberikan informasi kepada dunia bahwa Indonesia juga peduli dan berkomitmen dalam proses diseminasi hukum humaniter internasional." Sonny juga menambahkan dalam kegiatan ini, TNI dapat berpartisipasi untuk menunjukkan upaya serta hasil yang telah dicapai dalam mengintegrasikan hukum humaniter di lingkungan TNI, baik melalui doktrin, pelajaran, maupun latihan yang dilakukan secara bertingkat, bertahap, serta berkelanjutan."

SWIRMO merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh ICRC bermitra dengan angkatan bersenjata dari negara setempat. Kegiatan tahun ini merupakan edisi ke-15. Tahun ini untuk pertama kali, SWIRMO diselenggarakan secara tatap muka sesudah pandemi covid-19. Sebelum ini SWIRMO diselenggarakan di Swiss, Prancis, Afrika Selatan, Malaysia, Kolombia, Tiongkok, Aljazair, UEA, dan yang terakhir pada 2019 di Rusia. 

Hukum humaniter internasional (HHI atau hukum konflik bersenjata) merupakan kerangka hukum yang melindungi mereka yang tidak atau tidak lagi ikut serta dalam permusuhan. HHI juga membatasi cara dan metode peperangan serta penerapan standar dan prinsip yang diakui secara internasional terkait penggunaan kekuatan bersenjata dalam operasi penegakan hukum. SWIRMO berusaha memastikan bahwa hukum humaniter internasional diintegrasikan secara lebih baik ke dalam institusi militer. (RO/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Besok DPR Akan Sahkan RKUHP dalam Rapat Paripurna

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:29 WIB
Dia menyampaikan pengesahan tersebut sudah melalui kesepakatan. Hal itu diputuskan melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus)...
ANTARA/FENY SELLY

Wapres tidak Ingin Penyederhaan Birokrasi Timbulkan Masalah Baru

👤Emir Chairullah 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:10 WIB
Sosialisasi pemangkasan birokrasi belum komprehensif sehingga banyak ASN tidak memahami tugas jabatan...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Terbukti Konsisten, Status JC Eliezer Akhirnya Diterbitkan

👤Irfan Julyusman 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:53 WIB
Keterangan dari Richard Eliezer di persidangan sesuai dengan keterangan yang disampaikan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya