Jumat 28 Oktober 2022, 14:18 WIB

Densus 88 Tetapkan Guru Wanita Penerobos Istana Jadi Tersangka

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Densus 88 Tetapkan Guru Wanita Penerobos Istana Jadi Tersangka

ISTIMEWA/DOK POLDA METRO JAYA
Perempuan dengan senjata api jenis FN di sekitar istana Kepresidenan Jakarta.

 

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menetapkan JM, guru wanita penerobos Istana Negara, Jakarta Pusat sebagai tersangka. JM mengajarkan atau mendoktrin wanita bernama Siti Elina itu untuk melakukan aksi terorisme.

"Iya JM juga sudah (jadi tersangka). Dia kan statusnya gurunya," kata Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Jumat, 28 Oktober 2022.

Aswin mengatakan JM ditetapkan tersangka pada Rabu malam, 26 Oktober 2022. Usai memeriksa dan menggeledah rumah Siti Elina yang berada di Jalan Gang Syawal Raya, RT 013 RW 03, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Aswin menyebut JM belum dijebloskan dalam penjara atau ditahan. Dia masih dalam masa penangkapan. "Dalam undang-undang terorisme, masa penangkapannya kan 14 hari," ungkap Aswin.

Total sudah tiga tersangka dalam kasus ini. Yakni Siti Elina, selaku wanita bercadar hitam yang membawa pistol menerobos Istana Negara. Kemudian, suami Siti Elina, Bahrul Ulum, 37.

Bahrul menjadi tersangka bukan terkait tindakan Siti Elina menerobos Istana. Melainkan karena diketahui terlibat dengan jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Bahrul sering membantu dan mendampingi bendahara NII Jakarta Utara.

Kemudian, JM yang merupakan murobi, atau guru yang mengajarkan atau mendoktrin Siti Elina. JM juga diketahui telah berbaiat kepada NII dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Peristiwa penerobosan Istana Negara itu terjadi pada Selasa pagi, 25 Oktober 2022. Siti Elina membawa pistol jenis FN, tas hitam berisi kitab suci, dompet warna pink, dan handphone.

Kini, perempuan bergamis dan cadar hitam itu telah ditetapkan tersangka. Dia masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Densus di Polda Metro Jaya.(OL-4)

Baca Juga

Antara/Novrian Arbi.

KSP: Ada Pengeboman bukan Berarti Kecolongan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:53 WIB
Aparat keamanan telah melakukan upaya-upaya pencegahan guna meminimalkan serangan dari kelompok...
MGN/Iwan Gumilar

Pelaku Bom Bunuh Diri Berasal dari Batununggal Bandung

👤Iwan Gumilar (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:53 WIB
Usai dilakukan pemeriksaan awal, kedua orang tua pelaku pengeboman itu dibawa petugas dengan menggunakan kendaraan...
MI/Sumaryanto Bronto

Kapolri Sebut Pelaku Pengeboman Polsek Astanaanyar Terafiliasi Kelompok JAD

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:32 WIB
Kapolri menyebutkan bahwa pelaku bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar terafiliasi dengan kelompok terorisme Jemaah Ansharut Daulah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya