Kamis 15 September 2022, 19:50 WIB

Kemendagri Segera Verifikasi Rekomendasi Calon PJ Gubernur DKI Jakarta

Irfan Julyusman | Politik dan Hukum
Kemendagri Segera Verifikasi Rekomendasi Calon PJ Gubernur DKI Jakarta

MI
Ilustrasi kepala daerah

 

STAF Khusus Kemendagri Kastorius Sinaga menyampaikan kemendagri akan melakukan verifikasi persyaratan formil rekomendasi calon PJ Gubernur DKI Jakarta yang diserahkan oleh DPRD DKI Jakarta.

"Kita tampung karena mekanismenya nanti ini akan semuanya diverifikasi dahulu persyaratan formilnya administrasinya," ujar Kastorius, Selasa (14/9) siang.

Kastorius juga menyampaikan nantinya rekomendasi tersebut akan dibawa oleh Mendagri untuk diusulkan ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam mekanisme ini, ia memaparkan pembahasan akan dipimpin langsung oleh Presiden bersama lembaga atau Kementerian terkait.

"Nanti akan dibawakan bapak mendagri diusulkan ke presiden, mekanismenya ada nanti bapak presiden memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan karena kewenangannya ada di Presiden," paparnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi telah menyerahkan rekomendasi PJ Gubernur DKI Jakarta ke Kemendagri pada Selasa (14/9).

"Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas 3 nama itu hari ini sudah diterima" kata Prasetyo saat ditemui di Kantor Kemendagri pada, Selasa (14/9).

"Saya jelaskan, saya serahkan untuk ditindaklanjuti. Jadi diterima oleh pak sekjen untuk ditindaklanjuti karena sebelum tanggal 16 Oktober Pak Anies selesai," ungkapnya.

Baca juga: Diusulkan jadi Pj Gubernur DKI, Bahtiar Berterima kasih pada DPRD

Prasetyo juga menyampaikan tugasnya sebatas menyerahkan rekomendasi kandidat PJ Gubernur DKI Jakarta kepada kemendagri yang nantinya akan disertakan ke Presiden.

"Tugas kita hanya menyerahkan nanti pak sekjen menyerahkan kepada pak mendagri karena pak mendagri sedang ada rapat keluar ya, tinggal urusan pak mendagri ke Pak Presiden," ujarnya.(OL-5)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Indrayadi

KPK Belum Dapatkan Informasi Sahih Terkait Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 00:57 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sampai saat ini belum mendapatkan informasi yang sahih soal kondisi kesehatan Gubernur Papua...
MI/Susanto

CSIS Rilis Survei Milenial dan Gen Z Unggulkan Ganjar Pranowo

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 00:05 WIB
Lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) telah merilis hasil survei di mana pemilih milenial dan generasi Z...
Dok. BPIP

Kepala BPIP : Perkuat Ideologi Pancasila dan Jadilah Problem Solver

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 21:39 WIB
“Kita adalah bangsa yang paling diridhoi, dicintai, dikasihi oleh Allah SWT. Tinggal lakukan 2 hal. Bersyukur dengan memperkuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya