Kamis 30 Juni 2022, 18:19 WIB

Wapres: Pemerintah Bakal Dekati OAP Penolak Pemekaran Wilayah

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Wapres: Pemerintah Bakal Dekati OAP Penolak Pemekaran Wilayah

Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin

 

PEMERINTAH mengakui masih ada masyarakat Papua yang menolak kebijakan daerah otonomi baru (DOB) di wilayah tersebut. Walaupun demikian, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengklaim jumlahnya tidak mencerminkan mayoritas warga Papua.

“Bahwa masih ada 1-2 pihak iya. Saya kira tidak mayoritas, tidak mencerminkan mayoritas. Bahkan Gubernur (Papua) pun sudah setuju (pemekaran),” katanya usai membuka Rapat Koordinasi Nasional XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/6)

Ma’ruf menyebutkan, pemerintah bakal terus melakukan sosialisasi dan dialog untuk meredam ketidaksetujuan warga Papua terhadap kebijakan pemekaran. “Upaya kita memberikan pemahaman yang lebih dalam lagi kepada mereka,” jelasnya.

Menurut Ma’ruf, pemekaran merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan publik yang lebih dekat kepada masyarakat. “Artinya kalau dibagi wilayahnya jadi pelayanannya, koordinasi lebih dekat dengan masyarakat. Ini tujuannyan untuk lebih mudah melayani masyarakat dalam rangka menyejahterakan,” jelasnya.

Pemerintah, tambah Ma’ruf, juga berkomitmen untuk memberi kesempatan lebih banyak kepada orang Papua terutama dalam memimpin wilayah tersebut. “Memang kita utamakan orang asli Papua,” pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/ HO

Soliditas dan Keakraban Kepala Staf TNI Sesuai Harapan Jokowi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 16:28 WIB
Keharmonisan yang ditunjukan Kepala Staf TNI merupakan salah satu harapan Presiden Jokowi yang ditujukan oleh jenderal dari tiga matra...
Antara

Setneg: Pergantian Kabinet Hanya Jika Dibutuhkan

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 16:19 WIB
Sebelumnya, melalui pidato kenegaraan, Presiden Jokowi menegaskan bahwa untuk mempertahankan kinerja pemerintahan, tentu dibutuhkan tim...
Dok. Metro TV

Soal Penahanan Istri Sambo, Polri: Koordinasi dengan Dokter

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 16:04 WIB
Jenderal bintang itu menyebut saat ini keberadaan Putri Candrawathi berada di rumah pribadinya Jalan Saguling, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya