Sabtu 09 April 2022, 19:17 WIB

Pemerintah Tegaskan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal yang Sudah Ditetapkan 

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Pemerintah Tegaskan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal yang Sudah Ditetapkan 

Ilustrasi
Ilustasi pemilu

 

PEMERINTAH menegaskan tidak akan mengintervensi jalannya Pemilihan Umum 2024. Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, pihaknya tetap menyiapkan Pemilu 2024 sesuai konstitusi dan undang-undang. 

"Pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 bersama dengan KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu," ujar Mahfud, Sabtu (9/4). 

Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah pelantikan anggota KPU dan Bawaslu pada Selasa (12/4) oleh Presiden Joko Widodo. Mahfud menyebut, anggota KPU dan Bawaslu dipilih secara sah melalui proses seleksi panitia independen dan DPR. 

"Kepada KPU dan Bawaslu, diharapkan terus bekerja menyiapkan Pemilu sesuai dengan ketentuan konstitusi dan Undang-Undang Pemilu," kata Mahfud. 

Baca juga : DPR: Jabatan Anies Baswedan tak bisa Diperpanjang

Kendati demikian, Mahfud tidak menyoalkan merebaknya wacana politik yang menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Tanpa menyebut wacana politik yang dimaksud, Mahfud memastikan pemerintah tidak akan menghambat hal tersebut karena menanggap wacana politik sebagai kebebasan. 

"Kebebasan seperti itulah dulu yang kita perjuangkan bahwa aspirasi politik di masyarakat harus dibuka salurannya," jelas Mahfud. 

"Kemudian lembaga-lembaga politik bisa mengambil keputusan sesuai dengan aspirasi masyarakat," tandasnya. 

Salah satu isu yang menyeruak dalam beberapa waktu terakhir adalah perpanjangan masa jabatan presiden sampai tiga periode. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

27 Kampung di Sangihe Belum Cairkan Dana Desa

👤Ant 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:54 WIB
Sedangkan 118 kampung lainnya kata dia telah melakukan pencairan tahap...
dok.ist

Stafsus Wapres Minta Kasus Titan jadi Perhatian Serius Penegak Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:20 WIB
KASUS penyalahgunaan kredit PT Titan Infra Energy di Bank Mandiri serta sindikasi bank lainnya harus menjadi perhatian serius Aparat...
Dok.MI

Sekjen Gerindra: Ucapan Terima Kasih di Politik Mulai Hilang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:08 WIB
Dia mengatakan, dalam tradisi politik Indonesia, terimakasih adalah suatu yang langka dan jarang dijumpai sehingga menjadi suatu hal yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya