Selasa 15 Februari 2022, 11:48 WIB

KSP Optimistis KPU dan Bawaslu Bisa Hadapi Tantangan Pemilu 2024

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
KSP Optimistis KPU dan Bawaslu Bisa Hadapi Tantangan Pemilu 2024

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi KPU gelar simulasi pemilu

 

DEPUTI IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro optimistis Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik meski dihadapkan pada banyak tantangan.

Selain pandemi covid-19 yang masih menghantui, penyelenggara pemilu juga harus bergelut dengan pelaksanaan pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun yang sama.

"Pemilu 2024 sangat kompleks karena dalam waktu yang sama juga digelar Pilkada serentak. Tapi Pemerintah sangat percaya KPU dan Bawaslu bisa melaksanakan dan menyelenggarakan dengan baik," ujar Juri di gedung Bina Graha Jakarta, Selasa (15/2).

Sebagai arena kontestasi akbar, pemilu selalu memiliki celah yang kerap dimanfaatkan sejumlah pihak. Oleh karena itu, ia menekankan profesionalisme dan integritas KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Pemilu 2024 harus benar-benar disiapkan.

"Terutama pada tingkat paling bawah yakni petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), PPS dan PPK. Persoalan dalam Pemilu banyak muncul di TPS. Ini yang harus disiapkan," ungkap mantan ketua KPU itu.

Baca juga: Pengumuman Jadwal Pemilu 2024, Pengamat: KPU Bangun Kembali Kepercayaan Publik

Dalam kesempatan tersebut, Juri juga memastikan pemerintah akan mendukung penuh kerja KPU dan Bawaslu. Dengan begitu, ia berharap pelaksanaan dan penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa berjalan adil, jujur, dan demokratis.

"Kita harus menempatkan domain penyelenggara pemilu adalah KPU dan Bawaslu. Pemerintah dan DPR stakeholder yang akan memberikan dukungan. DPR support Regulasi, pemerintah support pelaksanaan pemilu, meliputi anggaran, pengamanan, infrastruktur. Kolaborasi ini yang terus bekerja," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok MI

27 Kampung di Sangihe Belum Cairkan Dana Desa

👤Ant 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:54 WIB
Sedangkan 118 kampung lainnya kata dia telah melakukan pencairan tahap...
dok.ist

Stafsus Wapres Minta Kasus Titan jadi Perhatian Serius Penegak Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:20 WIB
KASUS penyalahgunaan kredit PT Titan Infra Energy di Bank Mandiri serta sindikasi bank lainnya harus menjadi perhatian serius Aparat...
Dok.MI

Sekjen Gerindra: Ucapan Terima Kasih di Politik Mulai Hilang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:08 WIB
Dia mengatakan, dalam tradisi politik Indonesia, terimakasih adalah suatu yang langka dan jarang dijumpai sehingga menjadi suatu hal yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya