Kamis 20 Januari 2022, 13:26 WIB

Hasil Evaluasi 2021, Prabowo Lanjutkan Pembentukan Komponen Cadangan

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Hasil Evaluasi 2021, Prabowo Lanjutkan Pembentukan Komponen Cadangan

FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi (kiri) dan Menhan Prabowo Subianto saat menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun 2021 di Bandung Barat, Jabar.

 

KEBIJAKAN pertahanan negara 2022 merupakan hasil evaluasi dan tindak lanjut dari kebijakan yang ditetapkan dalam penyelenggaraan kebijakan tahun lalu. Dari evaluasi itu, sasaran kebijakan diputuskan untuk dilanjutkan, termasuk pembentukan komponen cadangan (komcad).

"Sasaran kebijakan yang masih berlangsung akan dilanjutkan, di antaranya kebijakan pembentukan komponen cadangan dan penataan komponen pendukung," ujar Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat membuka Rapat Pimpinan Kemenhan Tahun 2022, Kamis (20/1).

Kehadiran komcad sendiri telah dilandasi dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Selain pembentukan komcad, Kemenhan juga melanjutkan kebijakan lainnya, seperti pembangunan postur TNI, perwujudan pertahanan yang bertumpu pada pulau-pulau besar, dan penguatan pertahanan di wilayah selat-selat strategis.

Melalui Rapim Kemenhan 2022 yang mengambil tema Konsolidasi Pembangunan Kekuatan Pertahanan Negara, Prabowo berharap seluruh komponen bangsa bisa bersinergi untuk menegakkan kedaulatan negara.

Di sisi lain, pengelolaan pertahanan kemanan yang profesional juga akan menjamin pemulihan ekonomi.

"Menjamin keberlangsungan pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural yang berkelanjutan serta pertahanan negara yang kokoh menuju Indonesia maju," tandasnya. (Tri/OL-09)

Baca Juga

DOK.MI

KPK Buka Peluang Jerat Tersangka Baru dalam Kasus Dugaan Suap di MA

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:18 WIB
Ali mengatakan peluang tersebut dapat dilakukan sepanjang ditemukan bukti permulaan yang cukup, baik dalam proses penyidikan maupun saat...
Dok. Pribadi

DPR Papua Minta Persidangan Mahkamah Militer Kasus Mutilasi Nduga Ditunda, Dorong Peradilan Koneksitas

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:14 WIB
"Kami sayangkan bahwa persidangan di Mahmil Jayapura dan Surabaya tidak dilakukan dengan transparan. Keluarga korban tidak diberitahu...
DOK MI

Jubir Sosialisasi KUHP: Pasal Perzinaan Tak Akan Pengaruhi Sektor Pariwisata Dan Investasi

👤Widhoroso 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:34 WIB
PASAL perzinaan dalam KUHP yang baru dipastikan tidak akan berdampak negatif terhadap sektor pariwisata dan investasi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya