Senin 15 November 2021, 20:35 WIB

Tidak Hadiri Mediasi, Haris Azhar Siap Hadapi Luhut di Meja Hijau

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Tidak Hadiri Mediasi, Haris Azhar Siap Hadapi Luhut di Meja Hijau

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar

 

DIREKTUR Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia tidak menghadiri proses mediasi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan terkait dugaan kasus pencemaran nama baik. Seharusnya proses mediasi ini dilakukan hari ini (15/11) di Polda Metro Jaya.

Adapun alasan absennya Haris ke Polda Metro Jaya disebabkan Fatia tidak bisa hadir. Fathia disebutnya ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

"Alasannya karena Fathianya ada jadwal sebelum ada undangan ini," kata Haris saat dikonfirmasi, Senin (15/11).

Terkait dengan dilaporkan secara bersama-sama dengan Fathia, sehingga ia tak mungkin hadir tanpa bersama Fathia.

"Karena Fathianya enggak bisa ya saya enggak hadir lah, saya kan enggak bisa sepakati sesuatu tanpa ada dia. Kan kita dilaporin bersama-sama," jelasnya.

Haris mengungkapkan, untuk jadwal mediasi ini sendiri sudah dijadwalkan yakni Jumat (12/11) atau Senin (15/11). Namun, ternyata Fathia sebagai terlapor mempunyai kegiatan lain yang membuat dirinya tak dapat hadir.

Baca juga: Giliran Haris Azhar Tidak Hadir Mediasi, Pihak Luhut Lanjutkan Proses Hukum

"Saya memang, kan undangannya minggu lalu itu hari Kamis. Kamis saya enggak bisa, saya bilang jangan Kamis. Jumat atau Senin gitu, cuma penyidik dan saya sama-sama enggak tahu kalau Fathia enggak bisa gitu," sebutnya.

Sebelumnya, Luhut juga sudah menyampaikan keinginannya untuk melanjutkan perkara itu ke pengadilan, Haris mengaku sudah siap dalam hal tersebut.

"Dari kemarin sebenarnya siap (proses pengadilan) Saya mah siap. Bahkan sebetulnya dari laporannya teman-teman yang di bahan diskusi saya itu sudah diproses ke banyak tempat ya, ke Komnas HAM juga sudah. Jadi sebetulnya kami sudah dalam posisi laporkan, kami lagi mengadvokasi temuan-temuan itu," ungkapnya.

"Jadi ya bukan siap, ini kita lagi advokasi bahwa kami diproses pidana itu juga sudah. Kalau saya sih memperkirakan kalau saya diskusi laporan itu pasti banyak yang terganggu gitu," sambungnya.

Selain itu, untuk perkara yang melibatkan dirinya dan Fathia ini, ditegaskannya tidak bersalah. "Saya enggak salah, dia aja yang nuduh-nuduh saya salah," tegasnya.

Seperti diketahui, Luhut telah melaporkan Haris Azhar dan Fatia terkait pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya. Luhut dan tim pengacara melaporkan Haris dan Fatia karena percakapan keduanya di kanal YouTube.

Dalam kanal Youtube tersebut dijelaskan bahwa keduanya menyebut nama Luhut terkait dengan bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Luhut pun melayangkan beberapa kali somasi kepada Haris dan Fatia sebelum melaporkan ke Polda Metro Jaya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mantan Anggota KPU RI Viryan Aziz Meninggal Dunia karena Sakit

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:46 WIB
Viryan meninggal pukul 01.40 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta, Sabtu...
MI/ Adam Dwi

Penyuap Eks Bupati Buru Selatan Diadili di PN Ambon

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:10 WIB
Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga tersangka, yakni Tagop Sudarsono Soulisa, dan dua pihak swasta Johny Ryndard Kasman serta Ivana...
Antara

Irjen Napoleon Dipecat Usai Semua Kasus Inkrah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:05 WIB
Gatot memastikan Divisi Propam Polri akan melakukan sidang kode etik terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya