Jumat 08 Oktober 2021, 16:33 WIB

Jokowi Pastikan Kesiapan Bali jadi Tuan Rumah KTT G20

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Jokowi Pastikan Kesiapan Bali jadi Tuan Rumah KTT G20

MI/Arnold Tanti
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo memastikan kesiapan Provinsi Bali menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar tahun depan. Meski pertemuan G20 akan dihelat masih di suasana pandemi covid-19, Presiden menyampaikan pemerintah akan terus mengendalikannya.

"Kita berharap baik pemerintah pusat pemerintah daerah dan masyarakat Bali terus ikut bersama-sama mengendalikan covid-19 ini," ucap Presiden Jokowi seusai meninjau sejumlah lokasi pelaksanaan G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/10).

Presiden menyampaikan tingkat vaksinasi covid-19 di Bali cukup tinggi. Tercatat 98% masyarakat Bali sudah mendapat vaksin dosis pertama dan 79% sudah divaksinasi lengkap.

Hal itu menjadi modal dalam persiapan penyelenggaraan KTT G20. Kepala Negara yakin Bali juga memiliki reputasi serta pengalaman dalam penyelenggaraan ajang internasional

"98% masyarakat Bali sudah menerima vaksin dosis pertama dan 79% sudah menerima dosis yang kedua. Ini adalah modal kita dalam mempersiapkan G20 ke depan," imbuh Presiden.

Presiden menyampaikan forum G20 itu akan menjadi panggung bagi Indonesia menunjukkan keberhasilan pengendalian pandemi covid-19. Jokowi mengatakan sebagai tuan rumah G20 Indonesia ingin melayani dengan baik dan menampilkan yang terbaik.

Baca juga : Presiden Kirim Nama Calon Panglima TNI Usai PON, DPR Bahas Usai Reses

"Kita juga harus dapat memanfaatkan pelaksanaan KTT G20 ini sebagai showcase mengenai kemampuan negara kita Indonesia dalam mengendalikan pandemi covid-19 baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi ekonomi," ucap Presiden.

Selain sebagai panggung menunjukkan kemampuan dalam menangani pandemi, ucap Presiden, forum G20 juga menjadi sarana menunjukkan berbagai kemajuan yang dicapai Indonesia kepada dunia. Jokowi menyampaikan hal itu juga menunjukkan kepemimpinan Indonesia dalam presidensi G20.

"Kita juga ingin menampilkan kemajuan-kemajuan Indonesia yang telah kita capai dan juga showcase untuk kekayaan budaya bangsa yang majemuk, yang sangat beragam, dan sekaligus kita juga ingin menunjukan leadership Indonesia dalam presidensi G20 nantinya," imbuh Presiden.

Turut mendampingi Presiden antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Presiden sebelumnya juga meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kabupaten Badung. Hutan bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai itu rencananya juga akan dipamerkan kepada pemimpin negara G20 untuk menunjukkan kontribusi dan komitmen Indonesia terkait penanggulangan perubahan iklim dan ekonomi hijau.

"Ini juga nanti mungkin akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-pemimpin G20 tahun depan," kata Presiden. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Klarifikasi Mahfud MD, Hanya Satu Pegawai Kemenkeu Ditahan terkait BLBI

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:51 WIB
Pegawai DJKN yang diduga terlibat hanya satu orang sedangkan lainnya pihak lain yang merupakan...
MI/Susanto

KPK Amankan uang Ratusan juta Rupiah dari OTT di Surabaya

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:37 WIB
Di samping itu, kata Ali, KPK saat ini juga telah membawa lima orang yang terdiri atas hakim, panitera pengganti, pengacara, dan pihak...
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

NasDem Minta Kemenhan Konsisten Bina Komponen Cadangan

👤tri subarkah 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:26 WIB
Pembentukan komcad adalah kebijakan strategis yang melibatkan masyarakat dalam kerangka bela...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya