Minggu 03 Oktober 2021, 09:15 WIB

Dalam Rangka HUT TNI, 18 Pesawat Tempur dan 8 Helikopter TNI Lintasi Istana Merdeka

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Dalam Rangka HUT TNI, 18 Pesawat Tempur dan 8 Helikopter TNI Lintasi Istana Merdeka

MI/Dok Dispenau
Sejumlah helikopter membawa bendera ,ambamg TNI melintas di Istana Negara.

 

MENJELANG peringatan HUT Ke-76 TNI, yang akan dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta, sebanyak 18 pesawat tempur dan delapan helikopter TNI melaksanakan latihan demo. Seluruh pesawat sudah tampil dengan konfigurasi lengkap untuk aksi pada 5 Oktober 2021.

Pada sesi latihan, delapan helikopter TNI dari AD, AL, dan AU menerapkan formasi trimatra flight melintasi langit Istana Merdeka membawa bendera Merah-Putih dan lambang TNI ukuran 20x30 meter. Kedelapan helikopter itu terbagi dalam dua elemen penerbangan.

Elemen pertama terdiri empat helikopter yakni satu Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, yang membawa bendera Merah Putih, dan tiga helikopter AH-64 E Apache Skadron-11/Serbu, TNI AD.

Baca juga: Napiter Kasus Teroris Poso Ikrar Setia pada NKRI

Sementara elemen kedua empat helikopter terdiri dari satu helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dengan membawa bendera trimatra TNI dan tiga Helikopter AS565 MBe Panther Skadron Udara 400 Wing II, TNI AL.

Sementara 18 pesawat tempur TNI Angkatan Udara, yang terdiri dari enam pesawat tempur T-50i Golden Eagle atau Golden Flight dari Skadron Udara 15, enam F-16 Fighting Falcon atau Dragon Flight dari Skadron Udara 3, dan enam pesawat tempur SU-27/30 atau Bajra Flight dari Skadron Udara 14 dan 11 melaksanakan formasi arrow head dan manuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, pada latihan demo udara itu, seluruh pesawat sudah tampil dengan konfigurasi lengkap. Itu sesuai dengan perencanaan demo udara pada 5 Oktober 2021.

"Seluruh alutsista yang akan dilibatkan pada saat peringatan HUT Ke-76 TNI sudah tampil dalam konfigurasi yang lengkap, baik pesawat tempur maupun pesawat helikopter," jelas Marsma Indan dalam keterangan resmi, Minggu (3/10).

Marsma Indan juga menyampaikan upacara peringatan HUT Ke-76 TNI tahun ini akan dipusatkan di Istana Merdeka dan akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. (OL-1)

Baca Juga

Mi/Ilham

Pengamat Sebut Kapolda-Kapolres Sowan ke Ormas Karena Pragmatis 

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:36 WIB
Pasalnya, setiap kasatwil baru mengharapkan tidak ada perubahan kamtibmas yang substansial di wilayahnya. Sebab itu, ormas didekati agar...
 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Dilaporkan ke Kejagung Terkait Kasus Tanjungbalai

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 03 Desember 2021, 18:32 WIB
Lili dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 36 dan Pasal 65 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang...
ANTARA FOTO/Pool-Hafidz Mubarak

Panglima TNI: Pelaku Bentrokan TNI-Polri Harus Disanksi tegas Agar Jera

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:46 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah kejadian serupa ialah tindakan tegas, tidak cukup hanya dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya