Sabtu 21 Agustus 2021, 11:16 WIB

MUI Minta YouTuber M Kece Ditangkap, Polisi Janji Tindak Lanjuti

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
MUI Minta YouTuber M Kece Ditangkap, Polisi Janji Tindak Lanjuti

AFP
Ilustrasi

 

DIREKTORAT Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berjanji menindaklanjuti untuk mengusut, pernyataan YouTuber Muhammad Kece yang dinilai telah menistakan agama Islam.

"Kita tindak lanjuti," janji Dirtipidsiber Bareskrim Brigjen Asep Edi Suheri, melalui pesan singkatnya, Sabtu (21/8).

Namun, Brigjen Asep belum menjelaskan lebih lanjut, apakah kasus itu telah masuk ke dalam tahap penyelidikan atau belum. "Kita tindak lanjuti," pungkasnya.

Sebelumnya, YouTuber Muhammad Kece (MK) dikecam karena ucapannya dalam sejumlah video yang disiarkan di YouTube dinilai menistakan agama Islam. Pengurus Lembaga Dakwah PBNU yang juga Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI Abdul Muiz Ali meminta polisi segera menangkap MK. Ia mengatakan narasi yang dikeluarkan oleh MK berbahaya bagi umat beragama.

"Narasi-narasi yang dilontarkan MK berpotensi tinggi memecah belah kerukunan umat beragama dan merusak integrasi bangsa," ungkapnya.

Ada sejumlah akun di YouTube yang menayangkan video MK bicara mengenai Islam, di antaranya akun MuhammadKece dan MurtadinIndonesia. MK menyebut ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW tidak benar sehingga harus ditinggalkan.

"Karena memang Muhammad Bin Abdullah ini pengikut jin," ujarnya dalam tayangan di akun YouTube Muhammad Kece berjudul 'Kitab Kuning Membingungkan' yang diunggah pada 19 Agustus 2021.

Dalam video berjudul 'Sumber Segala Dusta', Muhammad Kece juga menuturkan, "Muhammad ini dekat dengan jin, Muhammad ini dikerumuni jin, Muhammad ini tidak ada ayatnya dekat dengan Allah."

Abdul Muiz Ali menilai pernyataan MK adalah penafsiran dari individu dan ia menilai MK tidak berwenang untuk menafsirkan hal tersebut.

"Tidak ada kewenangan Muhammad Kece untuk menafsirkan ayat Al-Quran apalagi dalam menafsirkan menurut penafsiran yang bersangkutan, dan penafsiran tersebut jelas salah," ujarnya.(OL-13)

Baca Juga: KPU Hanya Akomodir Pemilih Berbasis KTP Elektronik

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kejagung Periksa Tiga Saksi terkait Adik Benny Tjokro Terkait Korupsi Asabri

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:50 WIB
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Ezer Eben Simanjuntak menguraikan tiga orang saksi diperiksa untuk tersangka Teddy...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Golkar dan PKS Kompak Enggan Lanjutkan Pembahasan RUU TPKS

👤Putra Ananda 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:39 WIB
Penolakan PKS karena didasari pada tidak adanya aturan yang mengatur pelarangan perzinahan dan penyimpangan seksual atau LGBT dalam RUU...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Deklarasi Maju Ketum PBNU untuk Periode Ketiga, Said Aqil tidak Lupa Puji Jokowi

👤Dhika kusuma winata 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:29 WIB
Said Aqil Siradj memuji Presiden Joko Widodo yang dinilai sukses menangani pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya