Senin 14 Juni 2021, 19:13 WIB

DKPP: Penyelenggara Ingin Wujudkan Pemilu Berintegritas

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
DKPP: Penyelenggara Ingin Wujudkan Pemilu Berintegritas

Antara
Pengendara melintas di depan mural bertema Pilkada 2020 di Jawa Timur.

 

DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyatakan penyelenggara pemilu memiliki niat yang sama dalam mewujudukan kontestasi politik yang berintegritas.

“Kami yakin tiga lembaga ini punya komitmen yang sama, punya nawaitu yang sama, punya target dan cita-cita yang sama. Supaya proses dan hasil pemilu di Indonesia semakin bermartabat,” ujar Ketua DKPP Muhammad di Jakarta, Senin (14/6).

Menurutnya, Indonesia patut bersyukur karena mendapat pengakuan internasional dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Bahkan, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki DKPP dengan peran menegakkan kode etik bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Baca juga: Kemendagri Ajukan Anggaran Rp1,9 Triliun untuk Pemilu 2024

Namun, lanjut dia, upaya menjaga nilai integritas perlu ditanamkan dalam setiap penyelenggara. Hal itu bukan karena hadirnya badan kode etik, seperti DKPP.

“Biarlah teman-teman KPU-Bawaslu merawat integritas. Ketika sudah komitmen itu secara personal, lalu menjadi komitmen semua organisasi. Biarlah nilai-nilai etik terejawantahkan dalam setiap penyelenggara pemilu,” imbuh Muhammad.

Baca juga: Presiden: Saya Tahu Relawan Jokowi Sudah Dirayu Elite Politik

Peringatan HUT DKPP ke-9 dikatakannya sebagai momentum untuk mengingat kembali nilai dan kode etik dalam diri penyelenggara. Bahkan, tanpa lembaga DKPP pun, integritas penyelenggara harus tetap terwujud.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Muhammad Hudori meminta DKPP untuk meningkatkan peran dalam menjaga kode etik, sekaligus kehormatan penyelenggara pemilu. Peran ini penting untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, terpercaya dan berintegritas.

Hudori mengapresiasi berbagai prestasi yang dicapai DKPP. Termasuk, memastikan perannya tetap berjalan di masa pandemi covid-10. “Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada segenap jajaran DKPP, atas semua pencapaian yang diraih sampai usia ke-9 pada tahun ini,” kata Hudori.(OL-11)

Baca Juga

dok.pribadi

Pengamat: KPK Tak Dibenarkan Bertindak Diskriminatif dengan Alasan Apa pun

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 08:54 WIB
KAPASITAS Ketua KPK memberi sambutan saat pembukaan acara, berada di tengah -tengah semua peserta yang hadir, sehingga tidak bisa diartikan...
MI/BAYU ANGGORO

KPK Kembali Mengingatkan Pelaku Korupsi Dana Kebencanaan Terancam Hukuman Mati

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 05 Desember 2022, 22:20 WIB
Penyaluran bantuan bencana yang menggunakan dana negara baik APBD maupun APBN rawan...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Yasonna: Malu Kita Masih Memakai Hukum Belanda

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:03 WIB
Yasonna menyampaikan pengesahan revisi KUHP dinilai sesuatu hal yang sangat urgent. Sebab, dianggap sebagai suatu kebanggaan bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya