Sabtu 15 Mei 2021, 18:30 WIB

Tanpa Amandemen UUD, Prabowo Disebut Capres Terkuat 2024

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Tanpa Amandemen UUD, Prabowo Disebut Capres Terkuat 2024

Antara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan keterangan pers.

 

KETUA Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto digadang sebagai kandidat calon presiden maupun wakil presiden 2024 terkuat. Dalam hal ini, jika dibandingkan sejumlah tokoh politik lain. Prabowo juga disebut memiliki tingkat popularitas paling tinggi.

"Jadi kalau ditanya siapa calon paling lengkap sekarang, ya Prabowo. Dia punya popularitas dan kuasa sebagai ketua umum parpol. Ini merupakan analisa fundamentalnya," ungkap Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam seminar virtual, Sabtu (15/5).

Baca juga: Siapapun Bisa Berpeluang Nyapres 2024

Menurut Qodari, ketua partai punya kendali penuh dalam menentukan kandidat calon presiden di setiap pemilu. Prabowo berada satu langkah lebih di depan, jika dibandingkan dengan tokoh politik atau kandidat calon presiden lain. Seperti, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa.

Dengan fundamental yang kuat tersebut, dia memprediksi bahwa Prabowo akan kembali maju pada pemilu 2024, baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden. "Calon presiden bagus, calon wakil presiden juga bagus. Apalagi jika pemilu dilaksanakan serentak. Karena orang akan memilih partai beradasarkan calon presiden atau tokoh yang disukai," imbuh Qodari.

Baca juga: LP3ES: Jika Pemilu Dilaksanakan hari Ini PDIP Juaranya

Cerita menjadi berbeda apabila MPR RI melakukan amandemen UUD 1945 tentang masa jabatan presiden yang diubah menjadi tiga periode. Jika hal tersebut terjadi, Qodari menilai pasangan Joko Widodo-Prabowo merupakan pasangan paling kuat di Pilpres 2024.

"Jokowi-Prabowo 2024 isunya sudah bukan lagi revisi UU, tapi UUD, yakni amandemen," pungkasnya.

Qodari berpendapat Jokowi harus mampu merangkul Prabowo untuk mewujudkan amandemen. Meski amandemen berhasil diwujudkan tanpa melibatkan Prabowo, dia menilai Prabowo kemungkinan besar akan maju sendiri melawan Jokowi, yang berpotensi menimbulkan perpecahan kembali di tengah masyarakat.(OL-11)


 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bareskrim Temukan Dua Tindak Pidana Adelin Lis Saat Buron

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 23 Juni 2021, 11:27 WIB
Hasil koordinasi dan penyelidikan bersama Ditjen Imigrasi serta dengan Atpol Singapura, diketahui 2 hal dugaan tindak pidana yang telah...
Ist/DPR

DPR Minta Pemerintah Segera Terapkan PSBB

👤 Sri Utami 🕔Rabu 23 Juni 2021, 10:31 WIB
DPR pemerintah agar memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengendalikan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai zona...
Antara

Ditanya Soal Kasasi, JAM-Pidsus: Kenapa Sih yang Dikejar-kejar Pinangki?

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 23 Juni 2021, 09:50 WIB
JAKSA Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Ali Mukartono heran banyak tersangka yang terseret dalam sengakrut tersebut, namun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya