Sabtu 10 April 2021, 16:10 WIB

Polri Tegaskan Terduga Teroris FA Bukan Pengurus PP Muhammadiyah

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Polri Tegaskan Terduga Teroris FA Bukan Pengurus PP Muhammadiyah

Antara
Ilustrasi

 

KADIV Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan terduga teroris yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Bandara Soekarno Hatta berinisial FA bukanlah pengurus PP Muhammadiyah.

Argo mengatakan FA merupakan anggota organisasi Jamaah Islamiyah (JI) Yogyakarta. Ia mengatakan kabar yang menyebutkan FA merupakan anggota Muhammadiyah sebagai upaya menciptakan konflik antara organisasi keagamaan dengan pemerintah.

"Kami ingin meluruskan pemberitaan yang menyebutkan terduga teroris FA adalah pengurus PP Muhammadiyah itu tidak benar. Memang strategi JI adalah membenturkan pemerintah dengan organisasi agama yang ada agar terjadi konfik," ujar Argo dalam keterangannya, Sabtu (10/4).

Argo mengatakan FA merupakan anggota kelompok teroris JI yang memiliki peran cukup vital. Ia diketahui orang yang merekrut dan mendoktrin anggota kelompoknya.

Baca juga: Larangan Mudik dan Pelanggaran HAM

"Yang bersangkutan melakukan perekrutan beberapa orang untuk masuk kedalam organisasi JI dan melakukan I’dad atau pelatihan militer dan mendaki Gunung Lawu yang merupakan salah satu tahapan persiapan dalam aktifitas terorisme kelompok ini," kata Argo.

Seperti diketahui, FA melakukan perjalanan ke Turki untuk membangun komunikasi dan jaringan terhadap tokoh-tokoh Al Qaeda dan terkait erat dengan strategi oraganisasi mereka yaitu mendukung gerakan terorisme global.

Sebelumnya, tim Densus 88 menangkap FA di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (8/4/2021) bersama istrinya DM seusai pulang dari Turki.(OL-4)

Baca Juga

Antara/Fauzan

Tiba di Jakarta, Buronan Adelis Lis Langsung Jalani Eksekusi

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:46 WIB
Usai dijemput langsung oleh Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin di bandara, Adelin lantas diboyong ke Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta...
Dok. DPR

Cegah Covid-19. Pemda Diminta Tegakkan Instruksi Mendagri 13/2021

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:15 WIB
"Sebab kita ini negara kesatuan. Pemerintah daerah wajib melaksanakan instruksi pemerintah pusat termasuk dalam konteks penanganan...
Medcom.id.

Modus Pelaku Pinjol Ilegal Sedot Data Pribadi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 18:15 WIB
Setelah mendapatkan persetujuan, uang diberikan pinjol ilegal melalui virtual account. Menurutnya, pengiriman seperti itu mempersulit...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya