Sabtu 06 Maret 2021, 17:15 WIB

DPR Simulasikan Enam Model Pelaksanaan Pemilu 2024

Sri Utami | Politik dan Hukum
DPR Simulasikan Enam Model Pelaksanaan Pemilu 2024

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

PELAKSANAAN Pemilu 2024 harus berpijak pada keharmonisan dan konfigurasi politik serta merepresentasikan rakyat. Hal tersebut ditekankan oleh anggota Komisi III DPR Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan, Sabtu (6/3).

"Menjaga keharmonisan dan konfigurasi politik itu menjadi esensi. Jadi jangan sekadar penyelenggara nyaman melaksanakannya tapi tidak merepresentasikan suara. Jangan sampai substansi demokratisnya hilang," terangnya.

Dia mengatakan saat ini DPR sedang melaksanakan atau membuat simulasi enam model untuk kesiapan pemilu 2024. Dia berharap nanti pemilu yang dilaksanakan serentak dapat senafas dengan pilkada di berbagai daerah.

"Untuk kesiapan 2024 kami melaksanakan model untuk disimulasikan mana yang terbaik yang menjamin kualitas demokrasi. Jangan sampai pemilu sama nafasnya berbeda." Selain menjaga efisiensi jeda waktu lama, enam model tersebut harus mampu dan fokus untuk menjamin suara rakyat dalam keserentakan.

Menurut Fraksi Gerindra Sumi Dasco Ahmad mengatakan partainya masih mengkaji waktu yang tepat untuk melaksanakan pemilu. Kesiapan yang matang bagi penyelenggaraan harus menjadi pertimbangan utama selain kesiapan partai politik.

"Kami masih mengkaji untuk bulan pelaksanaannya di 2024. Karena itu akan berpengaruh terhadap beberapa hal," ucapnya.

Sebelumnya PKB mengusulkan agar pemilihan presiden dan legislatif 2024 diselenggarakan Januari. Tujuannya agar ada jeda cukup dengan pilkada. Selain itu, hal tersebut tidak menyalahi UU Pemilu yang sudah hampir pasti tidak akan direvisi. (OL-14)

Baca Juga

Dok. BPIP

Kepala BPIP Tegaskan Pancasila Kunci Wujudkan Visi KORPRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 21:13 WIB
"Peningkatan kompetensi, kinerja, dan komitmen ASN pada Pancasila dan NKRI merupakan kunci agar birokrasi bisa bekerja melayani,...
ANTARA/M Risyal Hidayat

KPK Kaji Fakta Hukum Pejabat Titipkan Maba ke Unila

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:34 WIB
Sejumlah tokoh itu, di antaranya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan hingga tiga anggota DPR RI yakni Utut Adianto, Tamanuri, dan Muhammad...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Pemilihan Anies sebagai Capres NasDem Dipersiapkan Sejak Tahun Lalu

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:26 WIB
Nur menjelaskan proses pemilihan Anies sebagai bacapres NasDem dilakukan dari tingkat kader di daerah hingga pusat. Selain itu, Partai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya