Senin 26 Oktober 2020, 02:56 WIB

Presiden Yakin Ekonomi Lekas Pulih

Dhk/Cah/X-8 | Politik dan Hukum
Presiden Yakin Ekonomi Lekas Pulih

MI/Panca Syurkani
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meyakini kondisi ekonomi yang saat ini terdampak pandemi covid-19 akan cepat membaik. Keyakinan itu didasarkan pada pergerakan berbagai indikator strategis selama triwulan III 2020 yang menunjukkan perbaikan. “Ini artinya peluang untuk mengembangkan usaha akan semakin terbuka, pertumbuhan ekonomi akan terus membaik, dan penciptaan lapangan kerja bisa semakin terbuka luas,” ucap Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual pada peringatan HUT ke-56 Partai Golkar di Jakarta, Sabtu (24/10) malam.

Kepala Negara menyebutkan sejumlah indikator perbaikan ekonomi tersebut, antara lain harga-harga pangan seperti beras yang tetap terjaga. Selain itu, jumlah penumpang angkutan udara pada Agustus 2020 naik 36% dari bulan sebelumnya.

Lalu, neraca perdagangan September 2020 juga surplus US$2,44 miliar. Purchasing managers index (PMI) juga mulai memasuki tahap ekspansi kembali dan telah terjadi peningkatan konsumsi.

Presiden menyebutkan kontraksi ekonomi dialami semua negara di dunia akibat pandemi. “Tetapi jika dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini insya Allah mampu untuk segera recovery, mampu melakukan pemulihan.”

Dia tak lupa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai Golkar. “Semoga Partai Golkar yang sudah besar sekarang ini terus besar dan berkontribusi untuk Indonesia Maju.”

Partai Golkar pun menyatakan kesetiaan dalam mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. “Siapkah saudara-saudara untuk terus mengawal kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf?,” tanya Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto pada perayaan HUT ke-56 Partai Golkar di Hutan Kota Plataran, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin.

Pertanyaan itu kemudian dijawab oleh 35 ribu kader yang mengikuti acara ini secara virtual melalui Zoom dengan menyatakan siap. Airlangga menilai pemerintahan telah bekerja keras di tengah pandemi covid-19. (Dhk/Cah/X-8)

Baca Juga

Antara

Pinangki Kerap ‘’Bolos Kerja’’ Selama di Kejaksaan

👤Sri Utami 🕔Senin 30 November 2020, 14:28 WIB
Terdakwa Pinangki Sirna Malasari selama bertugas di kejaksaan kerap ‘’bolos kerja’’ dan pernah dijatuhi sanksi...
Antara

Presiden: Tugas Kepala Daerah Lindungi Warganya

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 30 November 2020, 14:06 WIB
"Tugas kepala daerah adalah melindungi keselamatan warganya dan juga sudah saya sampaikan, keselamatan rakyat adalah hukum...
Ilustrasi

Korupsi Pengaturan Proyek Indramayu, KPK Panggil 14 Saksi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 November 2020, 14:02 WIB
KPK meminta 14 orang memberikan keterangan sebagai saksi terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya