Senin 17 Agustus 2020, 10:10 WIB

Firli: Bambu Runcing Ibarat Integritas Bangsa Melawan Korupsi

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Firli: Bambu Runcing Ibarat Integritas Bangsa Melawan Korupsi

MI/Dwi Apriani
Ketua KPK Firli Bahuri

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan bangsa yang merdeka ialah terbebas dari perilaku rasuah. Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI menjadi momentum mengukuhkan komitmen melawan korupsi.

"Sudah saatnya seluruh anak bangsa berperan menghentikan korupsi dan mengangkat senjata bambu runcing yang tidak lain adalah integritas," kata Firli dalam keterangan resmi, Senin (17/8).

Wujud integritas tersebut juga mesti diisi dengan nilai-nilai kejujuran yang dibalut kekuatan moral. Kemudian akhlak yang tinggi mesti diterapkan setiap elemen bangsa untuk memberantas koruptor.

Baca juga: Firli: Semangat Kemerdekaan adalah Semangat Pemberantasan Korupsi

"Peran aktif serta dukungan seluruh eksponen bangsa sangat diperlukan dalam perang melawan laten korupsi dan perilaku koruptif yang telah menjadi penyakit kronis di republik ini," ujar Firli.

Di samping itu, Mantan Kapolda Sumatra Selatan ini sepakat bahwa pemberantasan korupsi dimulai dengan ekosistem nasional yang produktif dan inovatif. Termasuk merampingkan birokrasi.

Birokrasi yang sederhana akan menciptakan hukum, politik, kebudayaan, dan pendidikan yang kondusif. Memadukan semua unsur tersebut diyakini akan mempercepat pembangunan bangsa ke depan.

"Saya sependapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa fleksibilitas yang tinggi dan birokrasi yang sederhana memang sangat diperlukan untuk mengakselerasi pembangunan," pungkas Firli. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

Hari Ini, DPR Gelar Paripurna Soal Calon Kapolri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:46 WIB
Komisi III DPR RI menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KPK Lelang Tujuh Barang Milik Dua Koruptor

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:04 WIB
KPK melelang tujuh barang milik dua koruptor milik Syahrul Raja Sampurnajaya mantan pejabat di Bappebti, dan Hendry Saputra,...
MI/Susanto

KPK Hitung Ulang Uang Suap Juliari

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 07:37 WIB
Total uang haram yang diterima Juliari diselisik melalui saksi yang dipanggil oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya