Jumat 14 Agustus 2020, 15:27 WIB

Pengamat : Presiden Luput Isu Pendidikan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pengamat : Presiden Luput Isu Pendidikan

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PENGAMAT Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai Presiden Jokowi menekankan persatuan dalam isi pidatonya tahun ini. Sayangnya isu mengenai pendidikan luput dari perhatian presiden.

"Fokus pidato Jokowi cuma satu, imbauan moral soal pentingnya bangkit bersama. Pandemi covid- 19 harus dijadikan momen bangkit dan melakukan langkah besar dalam bidang ekonomi, politik, hukum, kesehatan, sosial-budaya ke depan," paparnya kepada mediaindonesia.com, Jumat (14/8).

Baca juga : Pidato Presiden Realistis dan Optimistis

Menurut dia, presiden mengajak masyarakat Indonesia tidak boleh menyerah dengan pandemi virus korona. Artinya, bangsa ini diminta untuk optimis menghadapi korona dengan berbagai upaya bersama.

"Isu lain yang disampaikan Jokowi seperti demokrasi, pancasila, ideologi, sebatas mengingatkan kembali arti penting kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus didasarkan pada nilai-nilai itu," ungkapnya.

Dari semuanya, Jokowi dinilai luput mengungkap isu pendidikan yang terhantam dampak covid-19. "Hanya, ada yang luput dari pidato Jokowi soal pendidikan di masa pandemi. Padahal isu ini juga sangat penting mengingat pendidikan back bone peradaban anak bangsa. Banyak yang mengeluh pendidikan via daring tak maksimal. Bahkan banyak terkendala tehnis seperti tak ada quota, tak ada HP, tak ada internet. Soal ini sama sekali tak disinggung presiden dalam pidatonya,"pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Susanto

Paulus Waterpaw Laporkan Kuasa Hukum Lukas Enembe

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 29 September 2022, 20:39 WIB
Barang bukti yang diserahkan beberapa video salah satunya video konferensi pers yang mengatakan bahwa mantan polisi berbahaya jika harus...
MI/MOH IRFAN

Ibu Brigadir J Berharap Kebenaran Terungkap dan Hadirkan Keadilan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 29 September 2022, 20:17 WIB
Ibu dari Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, berharap agar sidang kasus pembunuhan anaknya nanti dapat mengungkapkan...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Mantan Kolega di KPK: Febri Mestinya di Pihak Publik, Bukan Sambo

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 29 September 2022, 20:02 WIB
Yudi mengatakan bahwa sudah muncul sentimen negatif dari publik atas keputusan Febri dan Rasamala menjadi kuasa hukum Sambo dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya