Senin 27 April 2020, 09:15 WIB

AHY Instruksikan Demokrat Indentifikasi Warga Terdampak Covid-19

AHY Instruksikan Demokrat Indentifikasi Warga Terdampak Covid-19

ANTARA/M Risyal Hidayat
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

 

KETUA Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginstruksikan seluruh jajaran pengurus Partai Demokrat dan anggota legislatifnya di pusat dan daerah untuk mengidentifikasi kelompok masyarakat yang terdampak wabah virus korona (covid-19) secara sosial dan ekonomi.

"Saya menginstruksikan pelaksanaan identifikasi kelompok masyarakat yang terdampak wabah covid-19 secara sosial dan ekonomi, termasuk adik-adik kita yang yatim piatu, kalangan fakir miskin, lanjut usia, dan kelompok disabilitas, terutama yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat," ujar AHY dalam surat yang diterima di Jakarta, Minggu (26/4).

Baca juga: NasDem Dukung RUU Cipta Kerja Ditunda

Hal itu tercantum dalam Instruksi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Nomor 03/INSTRUKSI/DPP-PD/IV/2020 tentang Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi.

Kegiatan identifikasi kelompok masyarakat itu ditujukan untuk memudahkan pendistribusian bantuan sosial dari Partai Demokrat secara cepat dan tepat sasaran dalam kegiatan lanjutan Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi.

Lebih lanjut, AHY juga menginstruksikan pengurus Partai Demokrat untuk melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) sesuai kemampuan masing- masing.

Adapun jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing.

Kemudian, ia meminta agar pelaksanaan pendistribusian bantuan itu nanti diberikan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat yang telah dilakukan.

Selain itu, AHY juga menginstruksikan setiap pengurus dalam melaksanakan Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi agar mengutamakan keselamatan masing-masing.

AHY juga meminta khusus kepada Ketua Fraksi PD DPR-RI, Ketua Fraksi PD DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota agar membantu pemerintah dalam melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak dan mendorong pemulihan perekonomian negara.

Dia juga meminta anggota Demokrat untuk mengawasi penggunaan anggaran dan pendistribusian bantuan pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran, transparan dan akuntabel, sesuai prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara, undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Anggota Demokrat juga diminta melakukan dokumentasi dan publikasi semua kegiatan yang terkait dengan Gerakan Nasional ini melalui media massa dan media sosial, untuk menginspirasi masyarakat secara luas.

AHY mengapresiasi semangat, partisipasi dan kontribusi seluruh kader dan simpatisan Partai Demokrat dalam melaksanakan kegiatan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Demokrat Lawan Korona.

"Kita menyadari bahwa dampak covid-19 ini sangat buruk bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat," kata AHY. (OL-1)

Baca Juga

Dok.MI

Densus 88 Tangkap Dua PNS yang Diduga Teroris di Aceh

👤Antara 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:39 WIB
Winardy mengatakan bahwa terduga berinisial SB alias AF merupakan pegawai negeri...
MI/Susanto

Kasus Asabri, Kejagung Fokus Pengamanan Aset

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:59 WIB
Kejagung bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih menghitung kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus...
Ilustrasi

Perpres RAN-PE Dinilai Berpotensi Timbulkan Persekusi

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:55 WIB
Tidak jelasnya definisi maupun kriteria ekstremisme yang ada dalam aturan tersebut berpotensi menimbulkan aksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya