Jumat 24 April 2020, 07:00 WIB

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

CAHYA MULYANA | Politik dan Hukum
 

RELAWAN Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 melakukan rapid test massal di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Acara ini dibuka dengan pemberian secara simbolis alat pelindung diri (APD) dari Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Salahuddin Uno kepada perwakilan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.

Sandiaga Uno mengatakan penanganan wabah covid-19 yang ada di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama. Menurutnya, semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia harus menjadi kunci keberhasilan penanganan wabah pandemi ini.

“Hari ini kita mengadakan rapid test secara gratis bagi masyarakat, kita harus bersatu padu dan bergotong royong dalam mendukung upaya pemerintah dalam memerangi wabah ini dengan penggunaan masker, tes massal, sosialisasi dan edukasi, serta gerak an dekontaminasi dan jaring pengaman sosial. Dengan segala keterbatasan, kami ingin menyumbangkan masker sebanyak 10 juta di seluruh wilayah indonesia, peralatan mobil, APD, dan tabung disinfektan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menegaskan wabah covid-19 tidak hanya membuat krisis kesehatan di dunia, tetapi juga bisa menyebabkan krisis sosial dan ekonomi. Namun, dia yakin dengan bahu-membahu dan gotong royong melibatkan seluruh elemen, Indonesia akan mampu terbebas dari covid-19.

“Rapid test di Kemayoran akan berlangsung sekitar 1 minggu, terhitung dari 22 April 2020. Kami siapkan 10.000 tes dan paket sembako. Mudahan- mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita semua akan bisa mengalahkan covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 itu menjadi awal perjuangan di seluruh pelosok Indonesia. Dia menegaskan semangat gotong royong dan bahu-membahu bangsa Indonesia menjadi contoh penanganan krisis yang telah dilewati selama ini.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan, menambahkan penanganan pandemi covid-19 bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang digagas Sandiaga Uno menjadi aksi bela negara.

“Hari ini, relawan jadi ujung tombak percepatan penanganan covid-19. Relawan yang berada di seluruh Indonesia bersatu membela daerahnya untuk melindungi masyarakat dari wabah ini. Ini bela negara yang akan jadi contoh bagi daerah lain bahwa Indonesia bisa melakukan ini dengan baik,” kata Lilik.


BIN apresiasi

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengapresiasi kehadiran Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang langsung dikomandani Sandiaga Uno.

Menurutnya, gerakan tersebut merupakan wujud kepedulian dan peran komponen bangsa dalam penanganan wabah covid-19. “Saya ingin mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Sandiaga dan seluruh rekan-rekan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 atas deklarasinya,” ujar Budi Gunawan.

MI/SUSANTO

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

 

Budi menegaskan saat ini bukan hanya Indonesia yang tengah mengalami pandemi tersebut, melainkan juga dunia turut merasakan krisis kesehatan akibat covid-19. Dia mengaku optimistis dengan kehadiran gerakan relawan ini karena akan mempercepat penanganan pandemi covid-19.

Budi yakin gerakan gotong royong dan bahu-membahu akan membuat penanganan wabah ini semakin cepat teratasi. “Kita lihat mereka sudah ada di seluruh Nusantara dan berada di wilayah zona merah penyebaran wabah covid-19,” katanya.

Mantan Wakapolri itu menambahkan bahwa Relawan Indonesi Bersatu Lawan Covid-19 telah melakukan langkah konkret dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19, salah satunya melakukan 10 ribu rapid test yang digelar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Kemudian, penyemprotan disinfektan di zona merah. (P-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

OTT Bansos, KPK Awasi Sejak Awal Pandemi

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:39 WIB
Sejak awal pandemi, KPK telah menerbitkan dua Surat Edaran (SE) yaitu khususnya terkait pengadaan barang dan jasa sebagai...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

KPK Tetapkan 5 Tersangka Proyek Bansos Pandemi

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:12 WIB
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (JPB) merupakan satu dari lima tersangka dan mendapatkan manfaat dari praktik kotor di tengah bencana...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

KPK Tahan 3 Tersangka Korupsi Bansos Kemensos

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:04 WIB
"Para tersangka saat ini dilakukan penahanan rutan selama 20 hari pertama terhitung sejak 5 Desember 2020 sampai dengan 24 Desember...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya