Sabtu 09 Februari 2019, 18:02 WIB

KPU-Panelis Tandatangani Pakta Integritas tak Bocorkan Soal

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
KPU-Panelis Tandatangani Pakta Integritas tak Bocorkan Soal

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

 

TUJUH orang panelis dan dua moderator debat kedua capres menandatangani pakta integritas dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pakta integritas dibuat sebagai komitmen agar tidak ada pihak dari pendukung jalannya debat tersebut yang membocorkan soal.

Ketua KPU, Arief Budiman, menyampaikan penandatanganan pakta integritas tersebut merupakan salah satu tahapan yang berbeda dibandingkan yang ada dalam debat pertama. Hal itu dilakukan sebagai jawaban atas tuntutan publik yang besar terhadap KPU agar debat dibuat lebih menarik. Salah satunya, dengan tidak memberikan kisi-kisi seperti di debat pertama.

Baca juga: Persiapan Debat Kedua, Prabowo–Sandi Gelar FGD dengan Pakar

"Tuntutan publik cukup besar kepada kami untuk membuat debat kedua lebih menarik dan lebih substansial dan debat ini mampu mengirimkan pesan apa program, visi misi dari masing-masing pasangan calon," ujar Arief, dalam penandatanganan pakta integritas di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Sabtu (9/2).

Dengan pakta integritas tersebut, Arief yakin tak akan ada pihak panelis dan moderator yang membocorkan soal. Ia yakin sikap profesional dimiliki sembilan tokoh tersebut.

"Saya percaya profesionalisme tokoh-tokoh besar ini tidak akan merelakan kredibilitasnya, integritasnya, untuk kemudian tidak melaksanakan tugas yang diberikan negara dengan baik sehingga kami memandang tidak perlu sampai harus disumpah. Menyatakan komitmen dalam sebuah pakta integritas menurut kami sudah cukup," ujar Arief.

Moderator debat, Anisha Dasuki, mengatakan komitmen untuk menjaga kerahasiaan soal merupakan hal utama yang akan dijaga. Ia mengatakan hal itu merupakan unsur yang tidak bisa ditawar dan bagian dari profesionalisme. Anisha mengatakan, terus melakukan persiapan dengan calon moderator lain, Tommy Tjokro.

Baca juga: 5 Video Pertanyaan Disiapkan KPU untuk Debat Kedua

"Saya sama mas tommy sering brain stroming, kita evaluasi juga kemudian kita pelajari dengan baik tata cara debatnya seperti apa, kemudian tema yang diangkat seperti apa supaya kita bisa lebih memperdalam visi dan misi kedua pasangan," ujar Anisha.

Seperti diketahui, Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro terpilih menjadi moderator di debat capres kedua yang akan dilakukan pada 17 Februari mendatang. Sementara untuk panelis, tujuh orang yang terpilih ialah Rektor ITS Joni Hermana, Rektor IPB Arif Satria, Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati, ahli pertambangan ITB Irwandy Arif, pakar energi Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Undip Sudharto P Hadi, serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PDIP: Buya Syafii Selalu Gaungkan Ideologi Harapan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:42 WIB
Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian cendekiawan muslim itu. Puan juga mengaku hubungan mereka sangat dekat dan sudah seperti...
Dok MI

Ahok: Buya Syafii Maarif Teladan Merawat Kebinekaan

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:24 WIB
Ahok dan Buya Syafii memang cukup dekat. Bahkan Buya Syafii pernah membela Ahok yang tersandung kasus penistaan...
Antara

Mengaku Kerap Diintimidasi, Gubernur Papua Minta Perhatian dari Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:13 WIB
Menurut Lukas Enembe, dirinya merupakan satu-satunya dari 34 gubernur di Indonesia yang kerap mendapat perlakuan tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya