Rabu 30 Januari 2019, 17:01 WIB

KPU Segera Tentukan 8 Panelis untuk Debat Kedua

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU Segera Tentukan 8 Panelis untuk Debat Kedua

MI/Pius Erlangga

 

NAMA panelis debat kedua Pilpres 2019 akan segera diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berbeda dengan debat perdana, KPU bakal memilih sendiri para panelis debat tanpa meminta masukan dari kedua tim kampanye pasangan calon.

"KPU akan memilih sendiri tak meminta tim kampanye untuk mengusulkan. tetapi nama-nama yang kami pilih tetap kami sampaikan kepada kedua timses. Dalam konteks ini tentu kita harus ambil pelajaran dari tahap pertama kemarin. KPU akan lebih tegas dalam menentukan tim panelis," tegas Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (30/1).

Baca juga: TKN: Jokowi akan Paparkan Keberhasilan dan Gagasan di Debat Kedua

Pihaknya telah menghubungi beberapa nama panelis dan menunggu kesediaan beberapa calon panelis tersebut. Usulan nama-nama panelis itu akan disampaikan kepada kedua tim kampanye masing-masing paslon.

"Kami masih minta konfirmasi dari nama-nama calon panelis yang sudah kita daftar. Masih menunggu konfirmasi dari mereka. Mudah-mudahan tetap 8, karena kami butuh perspektif dari banyak pakar," jelas Pramono.

Meski kali ini KPU menentukan sendiri para panelis untuk debat kedua, masing-masing kubu dapat menelurusi rekam jejak agar panelis tetap terjaga netralitasnya.

"Tentu tak mengabaikan masukan kedua belah pihak, kalau memang betul-betul ada informasi yang valid dari salah atau atau kedua timses bahwa tim panelis yang kami sodorkan terbukti tak netral misalnya, ada data yang mendukung itu tentu harus kita terima. Sifatnya mereka memberi masukan tapi bukan mengusulkan nama" sambungnya.

Salah satu nama panelis debat kedua yang sudah dipastikan ialah Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Nur Hidayati. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Komisioner KPU, Ilham Saputra.

"Beberapa sudah fix seperti direktur Walhi. Sampai saat ini saya belum tahu updatenya lagi." ujar Ilham.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2) di Hotel Sultan. Peserta debat adalah calon presiden, yakni Jokowi vs Prabowo. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Adapun empat stasiun televisi akan menyiarkan debat kedua, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. (OL-6)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu DIgelar 7-9 Februari 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:52 WIB
"Terkait uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 akan dilaksanakan tanggal 7-9 Februari," kata...
dok.ist

Erick Thohir Dinilai Sebagai Kader NU yang Siap Bertarung sebagai Capres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:31 WIB
DUKUNGAN publik kepada Erick Thohir untuk maju sebagai Calon Presiden 2024 semakin menunjukan tren...
Ist

Relawan Samudera Etho Dukung Erick Thohir Maju Pilpres 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 28 Januari 2022, 20:29 WIB
PARA santri dari berbagai daerah Jawa Timur (Jatim) berkumpul menyatukan sebuah visi bersama untuk mendukung Menteri BUMN Erick Thohir maju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya