Kamis 31 Maret 2022, 20:51 WIB

Sambut Ramadan 1443 Hijriah, Yayasan MAI Jakarta Kembali Gelar Tarhib Kobarkan Semangat Ibadah 

Mediaindonesia.com | Pernik
Sambut Ramadan 1443 Hijriah, Yayasan MAI Jakarta Kembali Gelar Tarhib Kobarkan Semangat Ibadah 

Dok.Yayasan MAI
Santri Yayasan Media Amal Insani menggelar Tarhib Ramadan

 

AGENDA tarhib menyambut bulan suci Ramadan tak pernah absen dilakukan Yayasan Media Amal Islami (MAI) Jakarta setiap tahunnya. Kegiatan ini seolah merupakan refleksi atas antusiasme para santri dalam mempersiapkan diri menjalani ibadah puasa dan tarawih selama satu bulan lamanya. 

Pada Selasa sore, 29 Maret 2022, sekitar 90 santri sudah berkumpul di lapangan sekolah Yayasan MAI yang bertempat di Jalan Aselih, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Masing-masing santri membawa atribut dan poster bertuliskan Marhaban Ya Ramadhan. Kemudian kegiatan tarhib dilanjutkan dengan berjalan kaki mengelilingi kawasan pemukiman seraya bersalawat bersama. 

Di penghujung acara, dilaksanakan juga pemberian santunan kepada santri madrasah diniyah dan santri dhuafa. 

Menurut Ketua Umum Yayasan Media Amal Islami, Fathi Ihsan, tarhib Ramadhan menjadi agenda rutin dalam 6 tahun terakhir yang ditujukan agar membangkitkan semangat para santri dalam menyambut datangnya Ramadan. 

“Kami berharap Ramadan tahun ini akan membawa banyak keberkahan bagi para santri, tanpa terkecuali seluruh umat Muslim di dunia. Agenda tarhib kali ini bertempat di lapangan gedung Yayasan MAI yang insha Allah akan segera dilakukan pembangunan. Mohon doa restunya,” jelasnya. 

Pada Ramadan 1443 Hijriyah ini, Yayasan MAI mengusung tema “Ramadhan Saatnya Bangun Kebersamaan”. Sejumlah program pun dihadirkan yang mana fokus utamanya adalah memperbaiki nasib dan kondisi kaum dhuafa, yatim, dan para guru ngaji. 

Baca juga : Pendanaan Masih Jadi Kendala Penanganan TB di Tanah Air 

“Ada lima program khusus, diantaranya buka puasa bersama yatim, tebar takjil, belanja bersama yatim, tebar paket lebaran untuk guru ngaji, ustad, dan kaum dhuafa, serta yang terakhir penerimaan zakat, infaq, dan sedekah, untuk pembangunan sarana pendidikan dan kelangsungan program,” imbuh Ihsan. 

Acara tarhib Ramadhan turut dihadiri Camat Jagakarsa, Alamsyah. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Yayasan MAI Jakarta atas terselenggaranya acara ini. 

“Kegiatan yang melibatkan dan merangkul anak-anak saat ini sangat penting, agar jangan sampai kita kehilangan generasi. Oleh karenanya, saya berharap acara yang baik seperti ini jangan hanya diadakan sesekali saja,” ujarnya. 

“Musuh anak-anak sekarang ini adalah gadget. Meski ada banyak manfaat, namun kenyataannya gadget ini bisa bikin anak-anak lupa baca Alquran dan solat. Untuk itu, saya pribadi berterima kasih pada Yayasan MAI yang telah berkenan memberikan arahan dan pendidikan khususnya pada anak-anak usia dini," imbuhnya. 

Yayasan Media Amal Islami sendiri sudah berdiri sejak tahun 1998, yang terdiri dari lima wilayah binaan mencakup Jakarta, Parung, Gunung Sindur, Serang, dan Cianjur. Total yatim dan dhuafa yang menjadi santri binaan yayasan berjumlah lebih dari 500 anak. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Safari Ramadan, Bupati Sorong Sumbang Rp100 Juta untuk Masjid

👤MS/H-2 🕔Rabu 27 April 2022, 04:15 WIB
BUPATI Sorong Johny Kamuru menggelar Safari Ramadan dan menyumbang Rp100 juta untuk pembangunan Masjid Ar Rahman di Kabupaten Sorong,...
Dok. Baznas

Baznas Salurkan Paket Ramadan untuk Yatim dan Duafa

👤Bay/H-2 🕔Selasa 26 April 2022, 04:20 WIB
Baznas bekerja sama dengan DKM Baitussalam The Green BSD Serpong menyalurkan 75 Paket Ramadan Bahagia untuk anak yatim dan duafa, juga...
MI/ARDI TERISTI HARDI

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal pada 2 Mei 2022

👤AT/H-2 🕔Selasa 26 April 2022, 04:15 WIB
PIMPINAN Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 11 Agu 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN